Fort Hood soldiers, local authorities respond to Nov. 5 shooting spreeTexas, LiputanIslam.com — Empat orang tewas, termasuk pelaku, dan 14 orang lainnya dilaporkan terluka setelah seorang pria bersenjata melepaskan tembakan di pangkalan militer Hort Hood di Killeen, Texas, Rabu (2/4). Penembak diidentifikasi sebagai Ivan Lopez, prajurit berusia 34 tahun, dan dilaporkan sebagai satu-satunya pelaku, meskipun laporan awal media AS menyebut pelakunya dua orang.

Menurut KCEN-TV, setidaknya empat orang yang terluka berada dalam kondisi kritis. Keempatnya merupakan tentara. Tiga lainnya dirawat di Scott & White Memorial Hospital.

Seorang saksi di pangkalan mengatakan ia melihat polisi mengawal pria, wanita, dan anak-anak dari sebuah bangunan di bawah todongan senjata dan dipaksa untuk tiarap. Sekitar 20 ambulans berada di tempat kejadian, sesaat setelah itu tim SWAT dan beberapa helikopter tiba. Pejabat Fort Hood menegaskan insiden terjadi sekitar pukul 16.30.

Presiden Barack Obama, menurut sumber di Gedung Putih, telah diberi tahu soal insiden itu. “Hancur hati kita menyaksikan hal seperti ini terjadi lagi,” katanya.

Penembakan itu terjadi satu hari setelah Korps Marinir AS mengkonfirmasi pencarian oleh FBI atas seorang pria bernama Abdullah Hassan atau “Booker” yang sedang merencanakan sebuah “jihad terinspirasi Fort Hood” untuk melawan tentara AS.

Mayor Nidal Hasan dijatuhi hukuman mati tahun lalu karena membunuh 13 orang dan melukai 30 lainnya dalam sebuah penembakan di pangkalan militer Texas pada 5 November 2009.(ca/tempo.co)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*