London, LiputanIslam.com–Para peneliti dari Pusat Penelitian Ekonomi dan Bisnis (CEBR) asal London mengeluarkan laporan yang mengejutkan. AS kemungkinan akan kehilangan dominasi ekonomi globalnya dan digantikan oleh Cina sebagai kekuatan ekonomi nomor satu dunia sebelum tahun 2032.

Menurut laporan tersebut, Cina telah sukses mendorong pertumbuhan ekonomi mereka dimulai tahun 2007.

Laporan ini juga menyebutkan empat negara Asia lainnya yaitu India, Jepang, Korea Selatan, dan Indonesia – yang akan mengikuti Cina dalam daftar 10 negara dengan kekuatan ekonomi terbesar global.

10 negara tersebut adalah Cina di peringkat atas, diikuti AS, India, Jepang, Jerman, Brazil, Inggris, Korea Selatan, Prancis, dan Indonesia.

“Cina telah berhasil mempertahankan pertumbuhan [ekonomi] dan mendapatkan momentum reformasi,” kata ekonom utama Bank Dunia untuk Cina, John Litwack, sembari merujuk pertumbuhan GDP Cina sebesar 6,8 persen pada tahun 2017.

“Pemerintah telah melakukan sejumlah langkah kebijakan dan peraturan yang bertujuan untuk mengurangi ketidakseimbangan makroekonomi dan membatasi risiko keuangan tanpa berdampak besar pada pertumbuhan,” lanjutnya, seperti dikutip dari kantor berita Sputnik. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*