Pro-Russia protesters demonstrate in UkraineKharkiv, LiputanIslam.com — Penduduk kota Kharkiv dan Donetsk, 2 kota penting yang terletak di timur Ukraina berdekatan dengan perbatasan Rusia, akhirnya menyatakan lepas dari Ukraina.

Penduduk Kharkiv, hari Senin (7/4), mendeklarasikan berdirinya negara sendiri bernama Republik Rakyat Kharkiv Merdeka (Independent People’s Republic of Kharkiv) di luar gedung pemerintahan Kharkiv. Mereka juga mengadakan pemilihan terhadap anggota-anggota parlemen sendiri.

Dalam aksi tersebut diwarnai dengan bentrokan antara pendukung kemerdekaan dengan penduduk pro-Ukraina di luar gedung pemerintahan. Polisipun bersusah payah berusaha memisahkan mereka yang saling melempar batu dan kayu.

50 persen penduduk Kharkiv merupakan etnis berbahasa Rusia. Mereka melihat pemerintahan pusat di Kiev telah berusaha menindas mereka, termasuk dengan dikeluarkannya undang-undang yang mencabut bahasa Rusia sebagai salah satu bahasa resmi.

Sebelumnya pada hari yang sama, penduduk kota Donetsk juga mendeklarasikan kemerdekaan dari Ukraina dan membentuk negara Republik Rakyat Donetsk. Mereka menuntut dilakukannya referendum untuk bergabung dengan Rusia sebagaimana langkah Krimea. Referendum direncanakan akan digelar tanggal 11 Mei mendatang.

Kepala pemerintahan Region (setingkat gubernur) Donetsk, Roman Mykolayovych Romanov, yang membawahi 16.000 pasukan keamanan juga telah menyatakan mendukung kemerdekaan wilayah tersebut.

Mantan perdana menteri Yuliya Tymoshenko yang berada di kota itu untuk mencegah pemisahan, menyatakan penolakannya terhadap langkah tersebut.

Sementara itu di kota Nikolayev yang terletak di selatan Ukraina, rakyat mengibar-ngibarkan bendera Rusia di atas gedung pemerintahan wilayah. Hal yang sama juga terjadi di Odessa, kota terbesar ketiga Ukraina yang terletak di barat daya Ukraina.

Aksi-aksi demonstrasi tersebut mendapatkan momentumnya setelah Krimea berhasil melepaskan diri dari Ukraina melalui referendum yang digelar tanggal 16 Maret lalu.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL