apple-payNew York, LiputanIslam.com — Perusahaan komputer Apple mengumumkan pendapatan kuartal ketiga (Juli-September) lalu yang mencapai $42,1 miliar, atau naik 13% dibanding periode yang sama tahun lalu sekaligus melampaui perkiraan para analis.

Seiring pendapatan yang melonjak, keuntungan Apple pun turut naik menjadi $8,5 miliar, 13% lebih tinggi dari pada periode yang sama tahun lalu.

Sebagaimana dilaporkan BBC News, Senin (20/10) petang, kenaikan pendapatan itu disumbangkan oleh penjualan produk terbarunya telpon pintar iPhone 6 yang dibuka penjualannya bulan lalu. Hingga saat ini total penjualan iPhone telah mencapai 39,3 juta unit di seluruh dunia.

“Fiskal kami tahun 2014 ini adalah mencatat beberapa rekor, termasuk peluncuran terbesar untuk produk iPhone 6 dan iPhone 6 Plus,” kata CEO Apple Tim Cook dalam pernyataan yang menyertai laporan keuangan tersebut. Ia menambahkan bahwa Apple optimis dengan penjualan pada kuartal terakhir tahun ini.

Sementara itu harga saham Apple mengalami kenaikan 2% setelah pengumuman pendapatan tersebut.

Pengumuman tersebut disampaikan di hari yang sama Apple memperkenalkan sistem pembayaran digital Apple Pay, yang telah digunakan di beberapa jaringan supermarket termasuk Whole Foods dan Walgreens.

Beberapa analis percaya bahwa bersama penjualan iPhone, Apple Pay bisa menjadi sumber pendapatan penting perusahaan di tahun-tahun mendatang.

Dengan teknologi ini, konsumen dapat melakukan pembayaran dengan melakukan sken sidik jari dengan menggunakan iPhone 6 atau iPhone 6 Plus.

Selain iPhone 6, laptop Mac juga mengalami peningkatan penjualan yang signifikan. Direktur Keuangan Apple Luca Maestri menyebutkan bahwa penjualan produk ini juga mencatat kenaikan signifikan. Namun produk andalan lainnya, iPad justru mengalami penurunan penjualan menjadi 12,3 juta unit. Padahal tahun sebelumnya produk ini terjual hingga 13,1 juta unit.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL