harta karun floridaOrlando, LiputanIslam.com — Satu keluarga pencari harta karun asal Florida berhasil menemukan harta karun berupa artefak emas yang bernilai sekitar sejuta dolar, atau lebih dari Rp 13 miliar di dalam bangkai kapal Spanyol tahun 1715, yang tenggelam di Atlantik.

Eric Schmitts yang telah menjadi pemburu harta karun selama bertahun-tahun menemukan harta karun itu di kedalaman 4,5 meter di perairan dekat Benteng Pierce yang berjarak sekityar 210 km sebelah utara Miami. Demikian seperti dilansir Antara.

Penemuan 51 uang koin emas dengan berbagai nilai tukar itu juga disertai rantai emas sepanjang 12 meter, kata Brent Brisben dari perusahaan Armada 1715, Queen Jewels LLC, yang memiliki hak atas bangkai kapal tersebut.

Brisben mengatakan bahwa Eric (27), putra pasangan Rick dan Lisa, menemukan keping-keping emas itu pada bulan Juni.

Brisben menyatakan pengumuman temuan dilakukan bertepatan dengan perayaan 300 tahun tenggelamnya 11 kapal akibat badai saat berlayar beriringan di lepas pantai Florida dalam perjalanan dari Havana menuju Spanyol.

Manives pada Armada Spanyol menunjukkan bahwa kapal-kapal itu mengangkut muatan bernilai 400 juta dolar dan di antaranya sebanyak 175 juta dolar sudah ditemukan.

Perusahaannya membeli hak atas lokasi tenggelamnya kapal pada 2010 dari pewaris pemburu harta karun yang terkenal, Mel Fisher dan perusahaan itu mengizinkan yang lain termasuk Schmitts untuk mencari harta berdasarkan perjanjian kerja.

Benda paling menonjol yang ditemukan keluarga Schmitts berupa koin yang dibuat untuk Raja Spanyol Phillip V bertanggal 1715, kata perusahaan Brisben.

Sementara rantai emas yang ditemukan, dua sisinya dihiasi enam mahkota bunga zaitun. Benda ini disebut sebagai rantai uang dan diyakini dipergunakan sebagai benda bebas pajak.

Berdasarkan hukum federal, Florida akan memungut 20 persen dari temuan tersebut untuk dipamerkan di museum negara.

Keluarga Schmitts dan perusahaan Brisben akan membagi sisanya, demikian seperti dikutip dari Reuters.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL