New York, LiputanIslam.com– Organisasi Zionis Amerika (ZOA) baru-baru ini memberikan penghargaan “Pembela Israel” kepada Penasehat Keamanan Nasional AS, John Bolton.

Penghargaan ini diberikan di acara makan malam di New York pada Minggu (11/11/18) malam.

Pemenang lain dari penghargaan ini ialah antara lain Duta AS untuk Jerman, Richard Grenell, dan pembawa acara Fox News, Mark Levin. Grenell dan Levin diketahui dekat dengan Bolton. Grenell pernah menjadi jubir Bolton, sementara Levin pernah bekerja dengan Bolton di Departemen Kehakiman di masa pemerintahan Reagan.

Bolton sendiri sudah berkali-kali menerima penghargaan dari kelompok lobby Israel berkat upayanya dalam mempromosikan Zionisme dan kebijakan pemerintah Israel. Namun, penghargaan kali ini dianggap penting, karena ZOA berperan besar dalam penggantian posisi Penasehat Keamanan Nasional dari H.R. McMaster ke Bolton.

Pada Agustus 2017, ZOA memimpin sebuah kampanye untuk memecat mantan panasehat keamanan, H.R. McMaster, karena ia dianggap “anti-Israel” dan mendukung kesepakatan nuklir Iran. McMaster pernah menyebut Israel sebagai “kekuatan penjajah”. Ia pun mengakui eksistensi negara Palestina.

Laporan dari kantor berita MintPress mengungkapkan bahwa kampanye ZOA untuk memecat McMaster kemudian mendapat dukungan besar dari penyumbang politik Trump, seorang miliyarder Zionis bernama Sheldon Adelson. Adelson pun mendorong Trump agar McMaster digantikan oleh Bolton sebagai penasehat.

Selama ia menjabat, Bolton diketahui memanfaatkan perannya untuk menyokong kebijakan-kebijakaan berbahaya di Timur Tengah sesuai kepentingan Israel. (ra/mintpress)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*