Foto: Tribun

Foto: Tribun

Poso, LiputanIslam.com — Tokoh muda Poso, Rizal Calvary Marimbo meminta agar Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla langsung turun tangan dalam menangani kasus terorisme yang semakin mencekam di wilayah Poso. Seperti diketahui, korban aksi terorisme di wilayah ini terus berjatuhan.

“Kami melihat, masalah Poso ini tidak bisa lagi hanya ditangani oleh aparat lokal, kami minta pemerintah pusat yang tangani langsung,” kata Rizal, seperti dilansir tribunnews.com, 18 Januari 2015.

Marimbo mengatakan, aksi terorisme di Poso sudah terang benderang dan dilakukan di depan mata masyarakat dan aparat.

“Aksi terorisme ini seperti menantang aparat keamanan dan warga. Kami tidak mau tahu, siapa sebenarnya pelaku terorisme ini, yang pasti korban terus berjatuhan, Jokowi-JK harus tumpas segera,” kata Rizal.

Rizal menjelaskan, bila pemerintah pusat tidak sanggup menjaga rasa keamanan masyarakat Poso, maka akan timbul dampak negatif di wilayah tersebut.

“Kita orang Poso ini akan kecewa dengan republik ini. Kami akan marah dan bikin perhitungan. Kenapa negara gagal melindungi warganya sesuai dengan amanat konstitusi,” kata Rizal.

Rizal juga mengingatkan, bila pemerintah tidak sanggup menumpas kelompok bersenjata, maka warga sipil akan bertindak dengan caranya sendiri untuk menumpas aksi terorisme ini. Sebab, menurut dia, orang Poso bukanlah seorang penakut, justru sangat paham dengan wilayah sendiri.

“Hutannya, padangnya, lembahnya kami paham. Karena kami lahir di sana di hutan-hutan. Kami bisa kejar sendiri. Kami tidak akan menyerah terhadap aksi terorisme,” kata Rizal.

Sebelumnya, tiga orang warga Kristen Desa Tangkura, Kecamatan Poso Pesisir Selatan, Kabupaten Poso, tewas ditembak oleh orang tak dikenal, sekitar pukul 17.00 wita, Jumat, 16 Januari 2015. Ketiga jenazah itu sudah dievakuasi.

Sedangkan beberapa bulan yang lalu, seorang warga muslim yang bernama Muhamad Fadli tewas dibantai di rumahnya sendiri, dan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) mengaku bertanggung jawab. MIT yang dipimpin oleh Santoso, adalah kelompok teroris yang telah menyatakan baiatnya kepada Daulah Islam (ISIS). (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*