Sumber: gosumbar.com

Bandung, LiputanIslam.com– Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangatan), Gin Gin Ginanjar mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan plastik dalam membagikan daging kurban. Menurutnya, daging kurban dapat dibungkus menggunakan besek bambu atau daun.

“Beralih pada yang mudah terurai, misalnya besek, daun jati, daun lontar. Atau bisa juga kantong yang ramah lingkungan,” papar Gin saat berada di Taman Sejarah Balai Kota Bandung, Jawa Barat pada Kamis (1/8).

Kebijakan dan imbauan ini sebagai bentuk upaya Pemkot Bandung mengurangi produksi sampah. Selain itu, penggunaan kantong plastik terutama yang berwarna hitam cenderung membahayakan kesehatan. Kantong plastik yang berwarna hitam mengandung zat kimia yang berbahaya bagi tubuh.

Baca: PBNU: Pesan Dari Ibadah Kurban Adalah Kemanusiaan

Sementara hal yang sama juga disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang meminta pembagian kurban di wilayah DKI memakai besek. “Tapi yang pasti besek dibuat perajin bambu, jadi nanti ribuan masjid di Jakarta kalau ganti plastik ke bambu dirasakan manfaat petani dan perajin bambu,” ucapnya.

“Kita ingin ini bisa daur ulang bisa dibersihkan untuk kebutuhan lain. Kalau plastik hanya bisa sekali pakai, gunakan besek sudah bisa daur ulang bisa dipakai berkali-kali,” tandasnya. (aw/detik/republika).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*