al douriBaghdad, LiputanIslam.com — Pemimpin pemberontak Irak yang pernah menjadi ‘tangan kanan’ diktator Saddam Hussein meninggal dalam pertempuran melawan pasukan pemerintah Irak.

BBC News melaporkan, Jumat (17/4), Izzat Ibrahim al-Douri (72 tahun), tewas dalam pertempuran di Provinsi Salahuddin. Ia adalah pemimpin kelompok pemberontak Naqshbandi Order yang membantu invasi kelompok ISIS di Irak tahun lalu.

Al-Douri adalah mantan Deputi Saddam Hussein yang terguling oleh invasi AS dan sekutu-sekutunya tahun 2003 dan dihukum mati tahun 2006.

Al-Douri adalah pejabat Irak regim Saddam Hussein yang paling senior yang berhasil menyelamatkan diri setelah invasi AS. Sebelumnya muncul sejumlah laporan tentang penangkapannya, atau tewasnya dirinya dalam pertempuran. Namun para wartawan mempercayai laporan ini adalah yang paling valid.

Gubernur Provinsi Salahuddin, Raed al-Jabouri mengatatakan tentara Iran dan milisi pendukung pemerintah berhasil membunuhnya dalam operasi militer di timur kota Tikrit hari Jumat. Kota Tikrit yang merupakan kampung halaman Saddam Hussein dan menjadi salah satu pusat pemberontakan di Irak, berhasil direbut pasukan Irak yang didukung milisi-milisi Suni dan Shiah serta penasihat-penasihat militer Iran, dua minggu yang lalu.

Sejauh ini pasukan Irak berhasil sekitar 1/3 wilayah yang diduduki kelompok ISIS dan pemberontak lain dalam beberapa bulan terakhir. Namun demikian ISIS masih menguasai sebagian besar wilayah Irak, termasuk kota terbesar kedua Mosul.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL