pemimpin dunia parisParis, LiputanIslam.com — Pemimpin Palestina Mahmoud Abbass dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu turut serta dalam pawai anti-kekerasan yang digelar di Perancis, Minggu (11/1). Sejumlah media menyebut pawai itu diikuti oleh lebih dari 3 juta orang di seluruh Perancis dan 1,6 juta orang di kota Paris.

Sebagaimana dilansir BBC News, Minggu petang, Abbass dan Netanyahu menjadi bagian dari sejumlah kepala negara dan pemerintahan yang hadir dalam aksi tersebut, di antaranya adalah Presiden Perancis Hollande, PM Inggris David Cameron, Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Mali Ibrahim Boubacar Keita, Presiden Uni Eropa Donald Tusk, dan Raja Yordania Abdullah II.

Lebih dari 40 pemimpin dunia hadir dalam aksi tersebut, demikian BBC News menyebutkan.

Pawai diawali oleh keluarga korban aksi kekerasan yang terjadi di Paris minggu lalu, diikuti oleh beberapa pemimpin dunia yang gerjalan bergandengan tangan, dan selanjutnya masyarakat di belakang mereka. Pawai dimulai dari Place de la Republique dan berakhir di Place de la Nation.

Selain di Paris, sejumlah kota di Perancis juga menggelar aksi serupa. Demikian juga dengan beberapa kota besar di dunia seperti London, Washington, Madrid, Montreal dan Berlin.

Di Madrid, ratusan warga Muslim mengusung spanduk bertuliskan “bukan atas nama kami”.

“Paris adalah ibukota dunia hari ini,” kata Presiden Perancis Francois Hollande dalam pidatonya sebelum pawai dimulai.

Ribuan polisi dan tentara, termasuk para penembak jitu dikerahkan untuk menjaga keamanan aksi pawai.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*