pemimpin korutPyongyang, LiputanIslam.com — Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, telah menunjuk Kepala Staff Militer yang baru, menggantikan pejabat lama yang dikabarkan telah dihukum mati.

Seperti dilaporkan Press TV, Ahad petang (21/2), kantor berita Korut Korean Central News Agency (KCNA) menyebut Ri Myong-Su sebagai kepala staff militer Korut, Ahad, dalam acara latihan perang yang dipimpin Kim Jong Un.

Ri Myong adalah mantan Menteri Keamanan yang menguasai teknologi rudal. Sebelumnya ia telah dilaporkan memimpin latihan-latihan perang angkatan udara negeri itu.

Yang Moo-jin, profesor University of North Korean Studies di Seoul, mengatakan, “Ri Myong-su adalah satu dari tiga pembantu utama Kim Jong-il dan dikenal ahli di bidang teknologi rudal.”

Pejabat sebelumnya, Ri Yong-Gil, dilaporkan telah dihukum mati karena tuduhan melakukan korupsi dan membentuk kekuatan politik sendiri. Ia menjadi salah satu dari beberapa pejabat negara itu yang dihukum mati karena tuduhan pengkhianatan dalam beberapa bulan terakhir. Di antara para pejabat itu adalah Menteri Pertahanan Hyon Yong Chol yang dihukum mati tahun 2015, dan paman Kim Jong Un sendiri, Jendral Jang Song Thaek, yang dieksekusi tahun 2013.

Para analisis mengatakan pengangkatan Ri Myong dipengaruhi oleh keberhasilan program nuklir dan peluncuran rudal-rudal jarak jauh negara itu tahun ini.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL