kim il sungPyongyang, LiputanIslam.com — Media resmi Korut menyatakan bahwa pemimpin Korut Kim Jong-un mengalami masalah kesehatan yang belum diketahui, setelah ia tidak hadir dalam sebuah acara penting.

Sebagaimana dilaporkan BBC News, Jumat (26/9) televisi pemerintah menyebutkan bahwa Kim (31 tahun) berada dalam kondisi “kondisi fisik yang tidak nyaman”, namun tidak menyebutkannya secara lebih detil kondisi itu.

Sebelumnya Kim absen dari acara Sidang Kongres Rakyat, sebuah acara penting yang biasanya dihadiri pemimpin  tertinggi Korut, Kamis (25/9). Secara keseluruhan, Kim telah menghilang dari publik selama lebih dari 3 minggu. Ketidak hadirannya di acara Sidang Kongres Rakyat semakin memperkuat desas-desus tentang kesehatannya.

Dalam laporan tersebut Central Television memperlihatkan gambar Kim saat melakukan kunjungan rutin ke suatu tempat pada bulan Juli lalu.

Terakhir kali Kim muncul di depan publik pada tanggal 3 September lalu, saat ia menghadiri acara konser musik group Moranbong Band, yaitu group musik perempuan yang anggota-anggotanya dipilih langsung oleh Kim.

Dalam acara itu koran resmi Rodong Sinmun memperlihatkan gambar Kim duduk di barisan depan bersama istrinya Ri Sol-ju.

Dalam kemunculan-kemunculan lainnya Kim tampak kelebihan berat badan dan mengalami kesulitan berjalan kaki. Demikian laporan BBC News.

Media Korsel Joongang Daily bahkan berspekulasi tentang cedera kaki yang dialami Kim akibat kelebihan berat badannya.

Kim juga tidak muncul dalam acara pertemuan dengan parlemen baru-baru ini.

Kim dikenal sebagai penggemar kegiatan berkuda dan menyukai menonton pertandingan bola basket dan sepakbola.

Sebuah “sumber terpercaya dalam urusan Korut” mengatakan kepada media Korsel Yonhap, bahwa diyakini Kim mengalami masalah persendian, hyperuricemia, hyperlipidemia, obesitas dan tekanan darah tinggi. Yonhap menyebut beberapa orang bertanggungjawab atas gangguan kesehatan Kim, sebagaimana kebiasaannya makan minum secara berlebihan.

Mengenai masalah persendian itu, Yonhap menyebut faktor keturunan sebagai penyebabnya. Kakek Kim, Kim II-sung, dan ayahnya, Kim Jong-il serta kakak laki-lakinya Kim Jong-nam semuanya mengalami masalah persendian.

Ini bukan kali pertama Kim menghilang dari kehadiran publik. Pada bulan Maret 2012 Kim menghilang dari publik selama 21 hari. Kemudian pada bulan Juni 2012 ia menghilang selama 24 hari. Kemudian pada bulan Januari 2013 ia menghilang selama 18 hari.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL