Kim-Jong-665x385Pyongyang, LiputanIslam.com — Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mengangkat adik perempuannya sebagai pejabat penting.

Sebagaimana dilaporkan BBC News dengan mengutip laporan kantor berita Korut KCNA, Kamis (27/11),  Kim Yo-jong yang masih berusia 20-an tahun ditunjuk sebagai wakil direktur sebuah departemen di bawah Komite Sentral (CC), lembaga paling berpengaruh di negara komunis.

Kim Jong-un dan saudarinya merupakan generasi ketiga dinasti pemimpin komunis Korut yang didirikan oleh kakeknya Kim Il Sung dan dilanjutkan dengan bapaknya Kim Jong Il.

Selain keduanya, keluarga Kim lainnya yang menduduki jabatan penting adalah bibi Kim, Kim Kyong-Hui dan suaminya Jang Sung-Taek. Namun Kim Kyong-Hui kini menghilang secara misterius setelah suaminya dihukum mati karena tuduhan pengkhianatan.

Para pengamat memperkirkan Kim Yo-jong bakal menjadi pejabat penting dengan posisi strategis, yang di-setting untuk menjaga kekuasaan kakaknya, sebagaimana peran yang diberikan kepada sang bibi Kim Kyong-Hui dan suaminya Jang Sung-Taek.

Ia pertama kali muncul di hadapan publik pada pemakaman ayahnya, Kim Jong-il, tahun 2011. Sejak itu beberapa kali ia nampak menemani Kim Jong Un dalam beberapa kunjungan, meski tanpa jabatan resmi.

Kim Jong-un (31 tahun) dan adiknya merupakan anak dari Kim Jong-il dan istrinya Ko Yong-hui. Mereka dipercaya telah menuntut ilmu di Swiss sebagaimana kakak mereka Kim Jong-chol, yang disalip Kim Jong-un menjadi pengganti Kim Jong Il, dan kini menjadi pejabat yang tidak terlalu berpengaruh di Partai Komunis.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL