victory day moskowMoskow, LiputanIslam.com — Pemimpin Korea Utara(Korut) akan berkunjung ke Moscow, Rusia, bulan Mei mendatang. Ini akan menjadi kunjungan kenegaraan pertama yang dilakukan pemimpin Korut Kim Jong Un sebagai kepala negara.

Seperti dilaporkan Russia Today, Rabu (18/3), Menlu Rusia Sergei Lavrov menyebutkan bahwa Kim merupakan salah satu kepala negara yang diundang untuk menghadiri perayaan kemenangan Rusia dalam Perang Dunia II yang dikenal dengan Hari Kemenangan, bulan Mei mendatang.

Tahun ini Rusia mengundang 68 kepala negara untuk menghadiri perayaan Hari Kemenangan yang ke-70, demikian kata Lavrov dalam jumpa pers hari Selasa. Dari jumlah itu sebanyak 26 kepala negara telah memastikan untuk hadir. Di antara mereka itu adalah Presiden Cina, Afrika Selatan, Mongolia, Vietnam, Kuba, Korut serta Ketua UNESCO dan Ketua Dewan Eropa (Council of Europe).

“Di antara mereka yang telah mengkonfirmasikan akan datang dalam acara itu adalah Presiden Cina Xi Jinping, Presiden Afrika Selatan, Mongolia dan Vietnam, dan para pemimpin Kuba dan Korut,” kata Lavrov.

“Adapun partisipasi para pemimpin Eropa, hal ini dipengaruhi oleh tindakan-tindakan AS saat ini dan kekuatan agresif Uni Eropa.”

Namun seberapa pemimpin negara Eropa telah mengkonfirmasi kehadirannya, yaitu Yunani, Siprus, Slovakia, Republik Cheko, Serbia, Bosnia Herzegovina, Islandia, Macedonia, Montenegro dan Norwegia.

“Kehadiran Kanselir Jerman Angela Merkel ke Moscow akan membantu mengatasi sentimen anti-Rusia,” kata Lavrov tentang kemungkinan kedatangan Merkel, pemimpin Uni Eropa yang sering berbeda sikap dengan AS dan sekutu-sekutu garis kerasnya seperti Inggris dan Perancis. Namun ia belum bisa memastikan kehadiran Merkel.

Sementara itu dalam keterangan yang sama, Menhan Sergey Shoigu menambahkan bahwa Rusia juga mengundang perwakilan 16 unit-unit militer asing dalam acara itu untuk turut berparade pada tanggal 9 Mei mendatang. Dari jumlaha itu sebanyak 9 perwakilan telah menyatakan kesediannya untuk datang.

Direncakan sebanyak 15.000 prajurit akan berpawai melintasi Lapangan Merah Moskow dalam parade tersebut, kata Shoigu. Jumlah 50% lebih banyak dari jumlah peserta parade tahun 2010.

Jumlah itu merupakan bagian dari 78.500 orang yang berpartisipadi dalam parade Hari Kemenangan di seluruh negara.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*