yahudi iranTeheran, LiputanIslam.com — Yousef Hamadani Cohen, pemimpin spiritual komunitas Yahudi Iran, meninggal pekan lalu dalam usia 100 tahun. Kabar tersebut disampaikan sejumlah media Iran, Senin (31/3).

Press TV, televisi berbahasa Inggris Iran, melaporkan bahwa Cohen telah menderita sakit selama beberapa tahun. Ia dimakamkan pada Ahad (30/3), di Teheran.

Sementara kantor berita Fars, sebagaimana diwartakan Al-Arabiya, Selasa (1/4), menyebutkan bahwa Cohen menjabat sebagai rabi komunitas Yahudi di Iran sejak tahun 1994.

Menyusul kematiannya, Press TV menyiarkan bahwa posisinya sebagai rabi akan diambil alih oleh Mashallah Golestani Nejad. Adapun kantor berita milik pemerintah, IRNA, menuliskan Cohen berusia 100 tahun ketika meninggal pada akhir pekan.

Seorang anggota parlemen yang mewakili komunitas Yahudi, Siamak Moreh Sedgh, mengatakan Cohen dibebastugaskan pada 2006 lantaran menderita Alzheimer.

Menurut sensus 2011, sekitar 8.750-20.000 warga Yahudi tinggal di Iran. Sedangkan sebelum revolusi Islam 1979, warga Yahudi yang tinggal di Negeri Mullah itu mencapai 80-100 ribu orang.

Sebagian besar orang-orang yahudi itu tinggal di Teheran, Isfahan, dan Shiraz. Mereka diakui sebagai agama minoritas di Iran selain Kristen dan Zoroaster. Dan sebagaimana kelompok minoritas lainnya, komunitas Yahudi memiliki perwakilan di parlemen dan tampak hidup rukun serta damai di kawasan yang dihuni oleh mayoritas muslim Syiah itu.

Mereka juga memiliki sekolah, perpustakaan, dan sebuah rumah sakit di Teheran. Adapun dana operasionalnya berasal dari pemerintah.(ca/tempo.co)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL