demo hongkongHongkong, LiputanIslam.com — Untuk pertama kalinya pemimpin Hongkong CY Leung mengeluarkan tuduhan keterlibatan asing (external force) dalam aksi-aksi demonstrasi di Hongkong.

Dalam wawancara televisi lokal, sebagaimana dilaporkan BBC News, Senin (20/10), Leung menyebut aksi-aksi demonstrasi sebagai “tidak seluruhnya sebuah gerakan domestik karena kekuatan-kekuatan asing terlibat di dalamnya”. Namun ia tidak menyebutkan siapa pihak asing yang dimaksud.

Ia juga menyebutkan bahwa aksi-aksi demonstrasis yang telah membawa kerusakan bagi Hongkong itu telah bergerak di luar kendali, bahkan bagi para penggeraknya.

“Berjalan di luar kendali, bahkan bagi orang-orang yang memulainya. Mereka tidak mampu menghentikan gerakan ini, inilah yang menjadi persoalannya,” kata Leung.

Sebelumnya media-media Cina, termasuk media resmi pemerintah, telah berulangkali menuduh keterlibatan kekuatan asing dalam aksi-aksi demonstrasi di Hongkong. Namun bagi pejabat Hongkong, menuduh keterlibatan asing dalam aksi-aksi tersebut adalah untuk yang pertama kalinya.

Alex Chow, pemimpin Asosiasi Pelajar Hongkong yang menjadi salah satu kelompok utama aksi demonstrasi, menyebut tuduhan Leung tersebut mengindikasikan pemerintah akan menumpas gerakan demonstasi dalam waktu dekat.

“Mengeluarkan pernyataan seperti itu tepat sebelum perundingan, adalah bukti bahwa CY (Leung) berharap untuk menghancurkan seluruh gerakan,” katanya.

Pemerintah Hongkong dan demonstran telah menyetujui untuk menggelar pertemuan pada hari Selasa (21/10) besok, yang akan disiarkan secara langsung oleh siaran radio Hongkong.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL