wong arrestedHongkong, LiputanIslam.com — Pemimpin utama demonstran Hongkong Joshua Wong dan beberapa demonstran lain muncul di pengadilan, Kamis (27/11). Mereka didakwa telah menghalang-halangi ekskusi pengadilan untuk membersihkan jalanan dari barikade dan tenda-tenda demonstran.

Para demonstran itu ditangkap hari Selasa (25/11) di tengah-tengah bentrokan petugas kehakiman dan polisi dengan para demonstran di kawasan Mong Kok.

Jalan utama di kawasan itu yang sebelumnya diduduki demonstran, Nathan Road, kini telah dibuka untuk lalu-lintas. Namun para demonstran berjanji akan kembali melakukan aksinya.

Dua tempat aksi demonstrasi lainnya adalah di kawasan perkantoran pemerintah Admiralty dan kawasan bisnis Causeway Bay.

Rekan Wong, sesama aktifis mahasiswa Lester Shum, dan anggota parlemen lokal Leung Kwok-hung, ada di antara 31 aktifis yang muncul di Pengadilan Kowloon City, Kamis pagi. Demikian BBC News melaporkan, mengutip laporan media-media lokal.

Mereka adalah bagian dari sekitar 150 demonstran yang ditangkap hari Selasa setelah mereka menghalang-halangi petugas pengadilan membersihkan kawasan Mong Kok. Sebelumnya pengadilan memenangkan gugatan beberapa kelompok profesi, bisnis dan masyarakat yang terganggu oleh aksi penutupan jalanan oleh demonstran.

Pada hari Rabu malam (26/11) ratusan demonstran berusaha menduduki kembali Nathan Road dan terlibat bentrokan dengan polisi sehingga beberapa orang mengalami luka-luka.

Bentrokan baru berhenti pada Kamis dini hari setelah polisi akhirnya berhasil membubarkan demonstran. Sekitar 6.000 polisi telah dikerahkan untuk mengamankan area ini, demikian South China Morning Post melaporkan.

Sementara itu Federasi Pelajar/Mahasiswa Hongkong mengatakan kepada media lokal bahwa mereka akan menduduki kantor-kantor pemerintah sebagai balasan atas aksi kekerasan polisi.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL