sisi-trump

Trump Bertemu al-Sisi

Washington, LiputanIslam.com–Beberapa pemimpin telah mengirimkan ucapan selamat atas kemenangan Donald Trump sebagai Presiden AS. Antara lain, Presiden Rusia, Vladimir Putin telah mengirim Trump telegram yang berisi ucapan selamat dan harapan agar AS dan Rusia meningkatkan hubungan.

Sergei Markov, analis politik dari Rusia, menyatakan bahwa kemenangan Trump memberikan harapan bahwa AS akan setuju dengan posisi Rusia dalam konflik Suriah, dan AS mengurangi dukungannya pada ‘pemerintahan teroristik’ di Ukraina.

Presiden Mesir, Abdel Fatah al-Sisi, satu-satunya pemimpin Arab yang telah bertemu Trump, juga dilaporkan telah memberikan ucapan selamat kepada Trump. Dalam pertemuan mereka di New York bulan September lalu, Trump mengatakan pada al-Sisi,  “Di bawah pemerintahan Trump, AS akan menjadi teman yang setia, tidak sekedar sekutu, yang dapat diandalkan oleh Mesir selama bertahun-tahun mendatang.”

Perdana Menteri India, Narendra Modi, juga telah menyampaikan ucapan selamatnya kepada Trump, menurut kantor berita Reuters.

Perdana Menteri Inggris, Theresa May, juga telah mengeluarkan pernyataan atas kemenangan Trump. Antara lain ia mengatakan, “Inggris dan AS telah memiliki hubungan khusus yang berdasarkan nilai kebebasan, demokrasi, dan ekonomi, dan kita akan menjadi partner yang kuat di bidang perdagangan, keamanan, dan pertahanan.”

Sementara itu dari China, sejauh ini baru diberitakan bahwa tak lama sebelum hasil pemilu diumumkan, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Lu Kang, menyatakan bahwa Beijing akan bekerja sama dengan pemerintahan baru.

“Kami akan bekerja dengan presiden baru AS untuk memastikan adanya kemajuan hubungan bilateral yang baik dan stabil sehingga menguntungkan rakyat kedua negara, dan seluruh dunia, kata Lu Kang. (fa/theguardian)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL