india-elections-2014New Delhi, LiputanIslam.com — Tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, para pemilih di India bisa mendapatkan keistimewaan usai menggunakan hak suaranya. Hanya dengan menunjukkan jari yang terkena tinta pemilu, warga India bisa mendapat diskon di pom bensin, restoran, toko, bahkan hingga ke tempat spa serta rumah sakit.

Pemilihan umum di India digelar pekan ini dengan melibatkan jumlah pemilih hingga lebih dari 800 juta orang. Disebut sebagai pemilu berskala besar karena proses pemungutan suara dilakukan dalam sembilan fase yang berlangsung selama satu bulan lebih, mulai 7 April hingga 12 Mei mendatang. Surat suara baru akan mulai dihitung pada 16 Mei mendatang.

Sama seperti di negara kita, para pemilih yang sudah menggunakan hak suaranya harus mencelupkan jarinya. Tepatnya jari telunjuk pada tangan kiri, ke dalam tinta yang susah dihapus.

Dalam rangka meningkatkan partisipasi politik, kelompok yang terkait dengan asosiasi perdagangan Konfederasi Industri India, Young Indians meluncurkan kampanye “Show the ink, See prices sink” yang memberikan diskon dan insentif kepada warga untuk memilih.

“Di kalangan kaum muda, ini menjadi hal yang keren untuk memamerkan jari mereka setelah mereka menggunakan hak suara mereka. Ada banyak momentum yang terjadi di negara ini,” terang chairman Young Indians, D.N.V. Kumara Guru, seperti dilansir Reuters, Kamis (10/4).

Kumara menambahkan, ada lebih dari 100 pengusaha yang bersedia ikut dalam kampanye ini. Program ini bertujuan untuk untuk meningkatkan partisipasi pemilih, mengingat pada pemilu terakhir, hanya sekitar 58 persen pemilih terdaftar yang menggunakan hak suaranya.

Di New Delhi, yang memulai pemungutan suara pada Kamis (10/4) ini, warga yang menunjukkan jari bertinta pemilu akan mendapatkan diskon 0,7 persen di pom bensin. Kemudian di Bangalore, rumah sakit Sakra World menawarkan diskon 10 persen bagi rawat jalan seperti medical check-up dan konsultasi.(ca/detiknews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*