malariaJakarta, LiputanIslam.com — Pemerintah menargetkan Indonesia bebas dari malaria pada tahun 2030. Untuk itu Menkes Nafsiah Mboi meminta kerjasama Pemda menjaga warga dari penyakit mematikan itu.

“Pak Presiden juga sudah menginstruksikan bahwa Indonesia harus mencapai eliminasi malaria secara bertahap mulai 2010 lalu, sampai selambat-lambatnya pada tahun 2030 seluruh wilayah NKRI bebas malaria,” kata Nafsiah Mboi, saat penyerahan penghargaan dalam Seminar Nasional Peringatan Hari Kesehatan Sedunia dan Hari Malaria Sedunia di Jakarta, pada Sabtu (26/4).

Guna mempercepat program itu, kata Nafsiah, Pemerintah Pusat akan menyediakan kelambu berinsektisida serta meningkatkan akses pelayanan kesehatan dengan pemenuhan obat-obatan anti malaria dan perlengkapan diagnostik yang bisa menjangkau masyarakat hingga ke daerah terpencil.

Dalam kesempatan itu, Menkes juga mengapresiasi 212 pemimpin daerah yang sudah berkomitmen dalam menjaga dan berkonstribusi menciptakan wilayahnya bebas dari penyakit malaria. Nafsiah pun meminta wilayah lain di Indonesia untuk bekerjasama menjaga warganya agar terhindar dari penyakit mematikan itu.

Seperti diketahui, Malaria adalah penyakit menular yang ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti betina. Malaria ini disebabkan oleh parasit Plasmodium yang berkembang biak di organ hati kemudian menginfeksi sel darah merah. Dan malaria menjadi penyakit endemik di beberapa daerah di dunia, terutama yang beriklim tropis dan subtropis, seperti Afrika, India, Bangladesh dan juga di Indonesia. Di nusantara, malaria menjadi endemik di Papua dan Mamuju (Sulawesi Selatan).

Penyakit ini juga menjadi masalah global yang dimasukkan dalam MDGs 2015 karena memiliki angka insiden yang cukup tinggi. Bahkan, berdasarkan data di dunia, penyakit malaria membunuh satu anak setiap 30 detik. Sementara, sekitar 300-500 juta orang terinfeksi dan sekitar satu juta orang meninggal akibat penyakit ini setiap tahunnya.(ca/nefosnews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL