malaysia transportation ministerKualalumpur, LiputanIslam.com — Pemerintah Malaysia masih yakin bahwa pesawat Malaysia Airlines MH370 bisa ditemukan meski telah menghilang selama setahun dan segala upaya pencarian mengalami kegagalan.

Kepada BBC News, Sabtu (7/3), Menteri Transportasi Malaysia Liow Tiong Lai mengatakan dirinya yakin pesawat MH370 akan ditemukan di selatan Samudra Hindia. Ia menambahkan bahwa pencarian akan terus dilanjutkan terhadap pesawat bersama 239 penumpang dan awaknya itu.

Pesawat tersebut menghilang secara misterius dalam penerbangan dari Kualalumpur menuju Beijing, 6 Maret 2014. Kontak terakhir pesawat dengan menara pengontrol terjadi di Laut Cina sebelum pesawat itu diketahui berbelok arah menuju Selat Malaka dimana keberadaan terakhirnya diketahui oleh radar militer.

Tim pencari yang dipimpin oleh Australia dijadwalkan akan merilis laporannya pada hari Minggu (8/3). Mereka menduga kuat pesawat tersebut jatuh di sebelah barat Australia, meski tidak pernah ada penjelasan tentang bagaimana pesawat itu terbang dari Selat Malaka menuju ke barat Australia.

Sampai saat ini penyebab hilangnya pesawat tersebut masih misterius dan belum ada penjelasan logis yang bisa menjelaskannya, meski awalnya otoritas keamanan Malaysia sendiri telah menyebarkan spekulasi tentang terorisme.

Tahun ini pemerintah Malaysia telah menyatakan pesawat tersebut hilang dan seluruh penumpang dan awaknya tewas. Kompensasi pun telah ditawarkan kepada keluarga korban, namun sebagian besar menolak sebelum ada penjelasan tentang penyebab jatuhnya pesawat itu dan keberadaan ditemukan.

“Kami yakin kami bisa menyelesaikan pencarian ini hingga bulan Mei, dan kami berharap bisa menemukan pesawat itu,” kata Menteri Transportasi Malaysia.

Jika hingga bulan Mei pesawat itu tidak juga ditemukan, tim pencari akan melakukan evaluasi lagi ke ‘papan gambar’ katanya kepada AFP.

Sebagian keluarga korban percaya bahwa selama belum ditemukan pesawat tersebut, keluarga mereka masih hidup.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*