ferri sewolSeoul, LiputanIslam.com — Pemerintah Korea Selatan (Korsel) mengumumkan rencana pemberian santunan bagi keluarga korban tenggelamnya kapal ferri Sewol tahun lalu. Lebih dari 300 orang tewas dalam musibah tersebut, sebagian besar adalah pelajar yang tengah berlibur.

Seperti dilansir Press TV, pada hari Rabu (1/4) Kementrian Kelautan dan Perikanan Korsel mengumumkan bahwa keluarga 11 guru yang meninggal dalam musibah tersebut akan mendapatkan santunan sebesar 760 juta won atau sekitar Rp 9 miliar. Sedangkan keluarga pelajar yang menjadi korban akan mendapatkan santunan sebesar 420 juta won atau sekitar Rp 5 miliar.

Sementara itu keluarga korban lainnya yang bukan kedua kelompok di atas akan mendapatkan santuan sebesar 150 juta won hingga 600 juta won tergantung pada umur dan pendapatan mereka. Pemerintah kini tengah membentuk panitia khusus yang menangangi pemberian santunan tersebut.

Menurut para pejabat, santunan tersebut merupakan penyelesaian awal yang ditawarkan kepada para keluarga korban. Selain itu pemerintah juga akan memberikan kompensasi kepada mereka yang selamat dalam musibah tersebut.

Namun demikian beberapa keluarga korban menyatakan penolakannya atas penyelesaian tersebut. Mereka menyebut pengumuman tersebut sebagai pengalih perhatian dari tuntutan mereka bagi dilakukannya penyelidikan menyeluruh atas musibah tersebut.

Ferri Sewol tenggelam saat berlayar menuju Pulau Jeju pada tanggal 16 April 2014. Kapal ini membawa 476 penumpang, 325 di antaranya adalah pelajar sekolah menengah atas di kota Ansan di selatan ibukota Seoul. Dari jumlah itu hanya 172 orang yang berhasil diselamatkan.

Penyelidikan atas musibah ini menemukan bahwa kapal tersebut memuat 3.608 ton kargo, atau lebih dari 3 kali berat maksimal yang diijinkan.

Kapten kapala Lee Jun-Seok (69 tahun) dijatuhi hukuman penjara selama 36 tahun karena keteledorannya serta tindakannya meninggalkan kapal yang tengah tenggelam. 16 awak kapal lainnya dijatuhi hukuman 15 hingga 30 tahun penjara. Selain lalai dan tidak cakap, mereka juga meninggalkan penumpang yang terperangkap.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL