wartawan jepangTokyo, LiputanIslam.com — Pemerintah Jepang tengah menyelidiki rekaman video terbaru tentang warga negaranya yang disandera kelompok teroris ISIS, Kenji Goto.

Seperti dilansir BBC News, Kenji Goto yang merupakan wartawan lepas dan pembuat film dokumenter, telah muncul dalam rekaman video ISIS mengumumkan tentang rencana eksekusi terhadsap pilot Yordania yang ditangkap ISIS pada hari Kamis (28/1).

Jubir Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan bahwa rekaman yang telah beredar di YouTube sejak hari Selasa (27/1), kini tengah dianalisis kebenarannya.

Pemerintan Yordania sendiri telah menawarkan pembebasan seorang pemimpin ISIS sebagai penukar pilotnya.

“Saya Kenji Goto. Ini adalah pesan suara yang harus disampaikan kepada Anda. Jika Sajida al-Rishawi tidak siap untuk dipertukarkan dengan saya di perbatasan Turki pada hari Kamis petang tanggal 29 Januari, maka pilot Yordania Moaz al-Kasasbeh akan dibunuh,” demikian bunyi rekaman suara tersebut.

Sebelumnya ISIS mengklaim telah membunuh seorang warga Jepang lainnya yang ditawan bersama Goto, Haruna Yukawa. Kelompok teroris ini menuntut pembayaran $200 juta bagi pembebasan kedua sandera itu.

Rishawi adalah anggota Al Qaida asal Irak yang telah divonis mati oleh pengadilan Yordania karena keterlibatannya dalam serangan di ibukota Amman tahun 2005 yang menewaskan 60 orang.

Ia ditangkap polisi bersama sabuk bom bunuh diri yang tidak meledak dan mengaku sebagai pelaku serangan bersama suaminya yang tewas dalam serangan itu. Sedangkan Moaz al-Kasasbeh ditangkap kelompok ISIS pada tanggal 24 Desember lalu setelah pesawatnya jatuh di wilayah kekuasaan ISIS di Suriah.

Pemerintah Yordania mengatakan siap untuk membebaskan Rishawi jika pilotnya dilepaskan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*