Delhi,LiputanIslam.com—Pemerintah India dilaporkan akan memperlunak pembatasan untuk perjalanan dan komunikasi di Kashmir beberapa hari lagi.

Berdasarkan laporan pemerintah federal India pada Jum’at (16/8), Mahkamah Agung India telah mendengarkan permintaan editor koran yang meminta pemulihan pelayanan telfon dan internet di Kashmir pasca terputus beberapa waktu lalu sejak pemerintah mencabut status khusus untuk Kashmir.

“Pembatasan akan dilunakkan dalam beberapa hari ke depan,” ucap pengacara pemerintah, Tushar Mehta.

Selain itu, MA menyebut akan membahas beberapa persoalan terkait pembatasan media bersama kasus-kasus lainnya tanpa menetapkan tanggal persidangan selanjutnya.

Baru-baru ini, parlemen India memilih untuk mengubah konstitusi India dan secara resmi mengakhiri status otonomi Kashmir  berdasarkan pasal 370.

Langkah parlemen India itu membuat Pakistan marah dan memutuskan untuk mencabut hubungan diplomatik antara India dan Pakistan, mengusir dubes India, memotong sebagian layanan kereta api, dan menutup jalur penerbangan Pakistan ke India.

Baca: Tokoh di Kashmir, Shah Faisal, Tertangkap di Bandara Delhi

Kashmir memang telah menjadi rebutan dua negara—Pakistan dan India—sejak dua negara itu merdeka dari penjajahan Inggris pada 1947. Dua kali perang meletus antar kedua negara untuk memperebutkan Kashmir. (fd/Sputnik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*