KA-ANGKUT-MOTOR-553x376Jakarta, LiputanIslam.com — Guna mengurangi kemacetan dan menurunkan angka kecelakaan, dalam masa Angkutan Lebaran (Angleb) 2014 ini pemerintah melalui Kementerian Perhubungan akan memberangkatkan 16.650 sepeda motor gratis ke berbagai daerah di Pulau Jawa dengan moda kapal, kereta api dan truk.

“Program ini untuk mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadinya, dan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas selama musim Lebaran,” kata Menhub Menteri Perhubungan EE Mangindaan saat membuka pendaftaran mudik di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (2/7).

Menurut Mehub, pihaknya menyiapkan sarana angkutan dengan kapasitas 16.650 unit sepeda motor dan 33.000 orang, dengan rincian sebanyak 48 unit truk yang dapat mengangkut 2.400 unit sepeda motor, dan 96 unit bus yang dapat mengangkut 4.800 orang.

“Angkutan lebaran gratis dengan bus ini melayani pemudik  dengan tujuan Tasikmalaya, Cilacap, Purwokerto, Kebumen, Wonosobo, Magelang, Yogyakarta, Solo, dan Wonogiri,” ujar Menhub.

Adapun  untuk angkutan laut, menurut Menhub, disediakan dua  kapal Ro-Ro dengan kapasitas 2.000 unit sepeda motor dan 4.000 orang dengan kota tujuan Cirebon dan Tegal. Selain itu disediakan pula 2 kapal laut dengan kapasitas angkut 6.000 unit sepeda motor dan 12.000 orang dengan tujuan Semarang dan Lampung.

Untuk angkutan kereta api, lanjut Menhub, disediakan  kapasitas sebanyak  6.300 unit sepeda motor dan 12.500 penumpang dengan tujuan Cirebon, Tegal, Semarang, Kutoarjo, Yogyakarta, dan Solo.

Menhub EE Mangindaan menjelaskan, selain dilakukan oleh pemerintah, penyelenggaraan mudik gratis juga dilakukan oleh 17 mitra kerja dengan jumlah kendaraan yang akan diberangkatkan mencapai 1.871 unit bus, 2.085 tiket pesawat, dan 2.110 tiket kereta api dengan total kapasitas angkut mencapai 122.028 orang.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pendaftaran mudik gratis dilakukan pada 1-16 Juli 2014 dengan membawa beberapa berkas sebagai persyaratan, diantaranya masyarakat harus membawa motor atas nama sendiri yang sah, foto kopi STNK, SIM, KTP, dan foto KK bila sudah memiliki anak sebagai tanda keabsahannya.

Adapun informasi pendaftaran dapat diakses melalui website mudikgratislebaran2014@dephub.go.id.

Menhub berharap, dengan adanya fasilitas mudik gratis yang disediakan oleh pemerintah dan mitra kerjanya ini, dapat mengurangi kemacetan di jalur mudik, sekaligus menurunkan angka kecelakaan saat musim mudik Lebaran.

“Saya memprediksi untuk Lebaran tahun ini akan ada peningkatan jumlah  kendaraan yang melintas pada beberapa ruas jalan sehingga berpotensi menimbulkan kemacetan. Kemacetan tersebut semakin diperparah dengan  tingginya penggunaan sepeda motor dan kendaraan pribadi,” pungkas Menhub.(ca/ant)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL