china universityBeijing, LiputanIslam.com — Menteri Pendidikan Cina Yuan Guiren mengecam universitas-universitas yang dianggap pro-barat dan di sisi lain kritis terhadaap pemerintah. Ia juga mendesak universitas-universitas untuk menyingkirkan buku-buku teks yang dianggap mempromosikan budaya barat.

Sebagaimana dilaporkan BBC News dengan mengutip kantor berita Xinhua, Jumat (30/1), pernyataan Guiren itu disampaikan dalam sebuah forum pendidikan tanpa keterangan lebih rinci tentang forum tersebut.

Dalam beberapa bulan terakhir, pemerintah melakukan tekanan kepada kalangan akademisi Cina yang dianggap mengancam integritas Cina. Pada bulan Desember lalu profesor hukum Zhang Xuehong mengatakan telah dipecat dari East Cina University of Political Science and Law di Shanghai setelah menolak meminta ma’af atas artikelnya yang mengkritik pemerintah.

Sebelumnya, pada bulan Oktober 2014, ekonom Xia Yeliang juga dipecat dari Peking University karena sikapnya yang kritis pada pemerintah. Xia adalah salah satu penandatangan dokumen “Charter 08” bersama beberapa akademisi lainnya yang berisi tuntutan reformasi demokrasi.

Sedangkan tokoh akademisi Uighur Ilham Tohti yang menyerukan dialog antara pemerintah dengan kelompok minoritas Uighur di Provinsi Xinjiang, dijatuhi hukuman penjara seumur hidup tahun lalu. Beberapa mahasiswa Tohti juga turut dipenjara.

Menurut Xinhua, Menteri Pendidikan mengatakan bahwa “pendidikan tinggi tidak boleh membiarkan buku-buku yang mempromosikan budaya barat muncul di kelas-kelas.” Hal yang sama berlaku terhadap pernyataan-pernyataan “yang mengecam kepemimpinan Partai Komunis Cina, mengecam sosialisme atau melanggar konstitusi dan hukum negara.”

Tahun lalu Presiden Cina Xi Jinping menyerukan “peningkatan pengawasan atas idiologi di universitas-universitas” dan mendesak otoritas pendidikan untuk “meningkatkan kepemimpinan dan keteladanan Partai Komunis, dan meningkatkan tugas-tugas politik dan idiologi”.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*