cina festival filmBeijing, LiputanIslam.com — Aparat keamanan Cina membubarkan acara pembukaan festival film independen internasional ke-11 di Beijing, Jum’at (23/8). Demikian laporan BBC News.

Para anggota panitia mengatakan mereka telah mendapatkan berbagai tekanan oleh aparat pemerintah beberapa hari sebelum acara pembukaan festival yang direncanakan berlangsung sampai akhir bulan Agustus.

Setelah pembubaran, panitia berusaha memindah lokasi acara ke pinggiran kota Beijing, namun dicegah aparat keamanan.

Festival sejenis adalah hal yang sangat jarang terjadi dan selalu mendapat sambutan meriah dari kalangan sineas independen Cina. Namun pemerintah melihatnya sebagai bentuk ancaman.

Acara yang digelar setiap tahun ini biasanya mendapatkan hambatan dari pejabat birokrat dan aparat keamanan, seperti penghentian suplai listrik ke lokasi acara, dll.

Para organiser mengatakan, mereka menerima sejumlah peringatan dari pejabat-pejabat pemerintah untuk membatalkan acara.

Aparat keamanan tampak berjaga-jaga di lokasi acara di daerah Songzhuang di pinggiran Beijing, dengan sekitar 20-an orang berpakaina sipil memblokir area tersebut untuk mencegah sekitar 30 sutradara dan sineas independen lainnya memasuki ruangan.

Orang-orang itu yang mengaku sebagai penduduk lokal, mencoba mencegah siapapun yang mencoba memfoto atau merekam kejadian pembubaran itu.

Presiden Cina Xi Jinping dituduh telah meningkatkan pengawasan dan kontrol atas regim yang dipimpinnya sejak menduduki jabatannya tahun lalu. Sejak itu telah ratusan blogger yang kritis terhadadap pemerintah telah ditangkap aparat keamanan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL