drone-belgium-atomic-plant.siBrussels, LiputanIslam.com — Pemerintah Belgia melakukan penyelidikan atas munculnya sebuah drone misterius yang terbang di atas pembangkit nuklir Doel.

Sebagaimana dilansir Russia Today, Senin (22/12), sebuah drone misterius terbang di atas pembangkit nuklir Doel, hari Sabtu (20/12). Pembangkit nuklir tersebut baru saja diperbaiki setelah terjadinya insiden sabotase yang mengancam jutaan jiwa.

“Kami memastikan bahwa Kejaksaan East Flanders telah melakukan penyidikan atas kasus terbangnya drone itu di atas pembangkit nuklir Doel,” kata jubir kejaksaan Belgia kepada media massa.

Perusahaan operator pembangkit tersebut, GDF-Suez-Electrabel hanya menyebutkan terjadinya insiden itu pada hari Sabtu, namun tidak bersedia menyebutkan informasi lebih lengkap mengenai insiden itu.

“Kami akan memberikan informasi lebih lengkap pada saat yang tepat,” kata jubir perusahaan itu.

Pembangkit nuklir Doel yang memiliki 4 reaktor berada di sebuah tepian sungai di dekat Laut Utara, sekitar 25 km dari kota Antwerpen. Reaktor ini dioperasikan kembali pada hari Jumat lalu, setelah terjadinya insiden bulan Agustus yang mengganggu fasisitas ini. Dalam insiden yang diperkirakan sebagai aksi sabotase ini terjadi kebocoran yang mengeringkan 65.000 liter minyak pelumas sehingga merusak mesinnya.

Pemerintah telah mengeluarkan $37 juta untuk memperbaiki turbin yang rusak di Jerman, namun sampai saat ini pelaku dan motif sabotase itu tidak diketahui publik.

Insiden drone misterius ini juga terjadi di beberapa reaktor nuklir lain di Eropa. Dalam beberapa bulan terakhir tercatat sekitar 20 kasus drone misterius yang terbang di atas reaktor-reaktor nuklir di Perancis.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL