mobil regim srilankaColombo, LiputanIslam.com — Polisi Sri Lanka menahan lebih dari 50 kendaraan mewah milik negara yang disembunyikan oleh penguasa lama di Kolombo, Jumat (23/1). Di antara kendaraan itu adalah beberapa mobil limosin anti-peluru. Diperkirakan terdapat 128 mobil mewah milik negara yang disembunyikan.

Mahinda Rajapaksa yang menjadi Presiden Sri Lanka selama satu dekade secara mengejutkan kalah dalam pilpres tanggal 8 Januari lalu dan harus menyerahkan kekuasaannya kepada mantan menterinya, Maithripala Sirisena.

Pada hari Kamis (22/1) pemerintah mengumumkan rencana untuk melacak miliaran dolar uang negara yang diduga telah digelapkan oleh Rajapaksa dan keluarganya. Ini merupakan ancaman serius kedua terhadap Rajapaksa setelah sebelumnya pemerintah baru mengatakan akan melakukan penyelidikan tentang rencana kudeta yang dilakukan Rajapaksa terhadap Sirisena setelah mengetahui kalah suara dalam pilpres.

Mobil-mobil tersebut ditemukan di sebuah tanah kosong di Kolombo. Demikian pernyataan jubir kepolisian sebagaimana dilansir BBC News.

“Kami tengah melakukan penyelidikan bagaimana ke 53 kendaraan ini berada di tempat ini,” kata jubir kepolisian Ajith Rohana kepada AFP.

Namun tidak semua kendaraan itu dalam kondisi mulus. Di antara kendaraan itu terdapat sebuah mobil limosin anti-peluru BMW yang hancur akibat serangan ranjau di Kolombo tahun 2006 yang menimpa Menhan kala itu, Gotabhaya Rajapaksa. Ia selamat dalam serangan tersebut.

Penemuan mobil-mobil itu hanya berselang sehari setelah pemerintahan Presiden Maithripala Sirisena mengumumkan rencana untuk menyelidiki keuangan negara pada saat Rajapaksa berkuasa.

“Uang gelap yang diinvestasikan di beberapa negara asing akan diselidiki,” kata jubir pemerintah Rajitha Senarathne.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*