perlintasan-kereta-api--780x390Jakarta, LiputanIslam.com — Frekuensi KRL Commuter Line Jabodetabek saat ini sudah maksimal. Bila frekuensi kereta ditambah, maka akan berdampak pada kemacetan panjang lintasan sebidang berpalang pintu. Untuk mengurai persoalan tersebut, pemerintah berencana membangun jalur KRL Commuter layang melingkar atau loop line di Jakarta.

“Frekuensi meningkat. Saat ini nggak bisa tambah frekuensi. Kita maksimal 5 menit. Begitu 3 menit, 1-2 menit ditutup. Itu perlintasan nggak terbuka. Jadi nanti nggak perlu perlintasan sebidang, sehingga frekuensi mau setiap 3 menit nggak masalah,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan Hanggoro Budi Wiryawan, saat diskusi transportasi di Universitas Tarumanegara, Jakarta, Sabtu (19/4).

Jalur melayang KRL ini akan dibangun sebanyak 2 rute, yakni jalur timur dan jalur barat. Untuk pembangunan jalur KRL layang tersebut, pemerintah membutuhkan Rp 10 triliun. Dana ini diambil dari pembiayaan multi-years pemerintah pusat.

“Panjang koridor hampir 20-25 kilometer. Jalur timur ada dari Jatinegara-Jakarta Kota. Jalur barat itu dari Manggarai-Tanah Abang-Dukuh Atas-Kota,” jelasnya.

Saat ini Kementerian Perhubungan sedang melakukan studi desain dasar terhadap rute loop line tersebut. Setelah desain dasar rampung, selanjutnya dilanjutkan penawaran ke investor.

“Sekarang disiapkan basic design, setelah itu AMDAL selesai. Maka selanjutnya proses lelang. Dana ini pemerintah. Nanti kita siapkan basic design kemudian kita lelang. Silakan kontraktor ajukan penawaran lengkap dengan detail design,” sebutnya.

Prioritas pembangunan akan dilakukan pada jalur timur. Proses tersebut direncanakan dimulai akhir tahun ini. Diproyeksi masa konstruksi akan memakan waktu 4-5 tahun.

“Kalau jalur barat complicated (rumit). Di Dukuh Atas banyak integrasi dengan rute monorel, commuter, kereta ekspres, tol, MRT. Koridor barat agak complicated,” terangnya.(ca/detiknews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL