asrama hajiPadang, LiputanIslam.com — Demi meningkatkan layanan kepada umat, pemerintah siap membangun asrama haji baru yang dilengkapai berbagai sarana pendukung lengkap di Padang Pariaman, Sumatra Barat. Tidak main-main, untuk mewujudkan rencana itu kini telah tersedia lahan seluas 10 hektar untuk pembangunan sarana tersebut.

Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno, mengungkapkan, pemerintah pusat, dalam hal ini, Kementerian Agama dengan Pemprov Sumbar sepakat untuk membangun Islamic Center di wilayah Pariaman yang juga menggandeng pihak perbankan syariah.

“Di kawasan tersebut, akan dibangun secara lengkap asrama haji, masjid, serta ada pula kegiatan bisnis seperti gedung pertemuan hingga kargo karena memang lokasinya berdekatan dengan bandara,” ujar Irwan belum lama ini.

Hal ini dibenarkan pula oleh Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama, Anggito Abimanyu. Menurutnya, biaya pembangunan tersebut mencapai ratusan miliar.

“Pemerintah tidak mampu membiayai semua. Jadi harus ada kerja sama antara pihak pemerintah provinsi, kabupaten Padang Pariaman, dan pihak swasta,” ujar pria yang baru saja terlibat kasus plagiat itu.

Anggito memaparkan, pemerintah akan menanggung pembangunan yang bertujuan untuk sosial keagamaan.

“Nah, yang tidak ada pendapatan seperti itu merupakan kewajiban pemerintah. Sedangkan yang punya nilai komersial bisa ditanggung oleh perbankan syariah. Karena itulah kami membawa juga bank syariah untuk berkumpul,” kata Anggito.

Pemilihan lokasi yang dekat bandara sendiri merupakan pertimbangan utama lantaran berpotensi pula secara bisnis.

“Tempat ini sangat strategis dekat dari bandara. Tempatnya juga nyaman dan tidak terlalu ramai. Jamaah tentu saja butuh ketenangan karena siap menjadi tamu Allah,” ujar Ali Mukhni, bupati Padang Pariaman.

Ali menyebutkan akses menuju bandara dari lahan yang disiapkan itu hanya sekitar 10 menit. Bahkan, jika akses jembatan telah dibangun, dia memperkirakan jaraknya kian dekat.

“Mungkin hanya lima menit,” katanya.(ca/republika.co.id)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL