harta karun florida2Miami, LiputanIslam.com — Pemburu harta karun dari Florida, AS, kembali mendapatkan ‘durian runtuh’, setelah berhasil menemukan harta karun berupa koin emas senilai $4,5 juta, atau lebih dari Rp 50 miliar. Harta karun itu ditemukan di dalam bangkai kapal dagang Soanyol yang tenggelam 300 tahun lalu.

Sebelumnya di lokasi yang sama, baru-baru ini juga ditemukan harta karun senilai $1 juta oleh sebuah keluarga pencaru harta karun.

“Lebih dari 350 koin emas termasuk 9 ‘Royal’ berhasil ditemukan pada tanggal 30 dan 31 Juli lalu. Penemuan yang mengagumkan ini terjadi di ulang tahun ke 300,” tulis 1715 Fleet – Queens Jewels LLC, kelompok pemburu harta karun AS di akun Facebook, seperti dilansir Russia Today, Kamis (20/8).

Koin-koin emas ‘Royal’ itu dicetak pada tahun 1715 pada masa kepemimpinan Raja Phillip V di Spanyol (1683-1746).

“Penemuan ini saya rasakan seperti memenangkan medali emas
Olimpiade,” tulis, William Bartlett, anggota kelompok tersebut yang menemukan koint-koint itu.

“Inilah yang oleh para pemburu harta karun diburu di sini. Selama empat bulan dalam setahun kami makan, tidur dan hidup sebagai pemburu harta karun. Ketika kami tidak memburu harta karun, kami selalu berdiskusi tentang harta karun. Kami juga selalu berkumpul dengan para pemburu harta karun,” tambahnya.

Armada Spanyol tahun 1715 tengah berlayar dari Havana, Kuba, untuk kembali ke Spanyol, ketika diserang badai di dekat tempat yang kini menjadi kota Vero Beach, Florida. Hanya satu dari 12 kapal dalam armada itu yang berhasil menyelamatkan diri dari badai. Sekitar 1.000 orang tewas dalam bencana ini. 1.500 lainnya berhasil selamat dengan berenang ke pantai.

Menurut para ahli, armada itu membawa harta senilai $400 juta berdasar nilai saat ini. Sampai saat ini sekitar $180 juta harta karun telah berhasil ditemukan para pemburu harta karun.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL