albino tanzaniaDodoma, LiputanIslam.com — Polisi Tanzania menangkap 32 orang dukun yang dianggap sebagai dalang pembunuhan massal terhadap warga albino (bule).

BBC News melaporkan, Sabtu (7/3), 4 orang di antara dukun-dukun itu dijatuhi hukuman mati di wilayah Geita, hari Kamis (5/3). Mereka dianggap bertanggungjawab atas pembunuhan seorang wanita albino di wilayah itu tahun 2008.

Pemerintah melancarkan pemberantasan perdukunan sejak bulan Januari lalu sebagai upaya untuk menghentikan pembunuhan-pembunuhan terhadap warga albino yang dipercaya memiliki kekuatan khusus. Para dukun itu menggunakan bagian-bagian tubuh orang-orang albino itu dalam praktik perdukunan.

Otoritas Tanzania mencatat adanya 75 kasus pembunuhan terhadap warga albino sejak tahun 2000.

Kepala kepolisian wilayah Geita Joseph Konyo mengatakan kepada BBC bahwa para dukun itu ditangkap karena kepemilikan beberapa benda misterius yang diduga berasal dari bagian tubuh warga albino yang dibunuh.

Beberapa minggu yang lalu sesosok mayat balita albino ditemukan di wilayah tersebut dengan bagian-bagian tubuh yang hilang. Sementara pada hari Kamis Pengadilan Tinggi memvonis mati 4 orang yang dianggap bertanggungjawab atas kematian Zawadi Mangidu (22 tahun) di Geita tahun 2008. Salah seorang yang dihukum itu adalah suami Mangidu sendiri.

Presiden Jakaya Kikwete telah menyatakan akan memberantas perdukunan yang disebutnya sebagai “kejahatan yang terus berlangsung’ yang telah membuat malu bangsa Tanzania.

Pemberantasan perdukunan dilancarkan pemerintah menjelang pemilihan umum, dimana biasanya para kandidat banyak memanfaatkan praktik perdukunan untuk meraih kedudukannya dan pada akhirnya menjadikan warga albino sebagai korbannya.

Menurut laporan Palang Merah Internasional para dukun itu bersedia membayar hingga $75.000 atau hampir Rp 1 miliar untuk satu mayat utuh manusia albino.

Albino atau kelainan pigmen tubuh yang mengakibatkan kulit tampak putih kemerahan merupakan fenomena langka namun rekatif cukup banyak di Tanzania. Diperkirakan 1 di antara 1.400 warga Tanzania pengidap albino dibandingkan 1 di antara 20.000 warga negara-negara barat.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*