basil rajapaksaColombo, LiputanIslam.com — Adik kandung mantan presiden Srilanka Mahinda Rajapaksa, Basil Rajapaksa, ditangkap aparat hukum Srilanka karena tuduhan korupsi. Ia adalah mantan Menteri Pembangunan ketika kakaknya berkuasa.

BBC News melaporkan, Kamis (23/4), Basil didakwa bersama 2 orang lain atas tindakan ‘penyimpangan’ dana pemerintah dalam proyek konstruksi.

Menanggapi penahanan ini Mahinda Rajapaksa, yang bersama saudaranya yang lain, Gotabhaya, juga didakwa melakukan korupsi, mengatakan bahwa ia dan keluarganya telah menjadi korban ‘perburuan dukun santet’.

Pengganti Mahinda yang tidak lain adalah mantan menterinya sendiri, Maithripala Sirisena, menyatakan tekadnya untuk memberantas korupsi saat terpilih sebagai presiden baru bulan Januari lalu melalui pemilu yang ketat melawan Mahinda yang populer karena berhasil mengakhiri perang saudara namun dinilai korup oleh para aktifis.

Pada hari Rabu (22/4) Basil Rajapaksa dihadapkan ke pengadilan di Colombo setelah menjalani pemeriksaan selama 7 jam. Pengacaranya, UR deSilva, mengatakan kepada AFP bahwa kliennya tidak bisa mendapatkan pembebasan penahanan dengan jaminan.

Basil Rajapaksa diperiksa atas dugaan korupsi pengerjaan proyek konstruksi senilai 70 juta rupee, atau sekitar Rp 6 miliar.

Basil memiliki kewarganegaraan ganda Sri Lanka-Amerika. Paska kekalahan saudaranya iapun pindah ke AS. Ia kembali ke Sri Lanka hari Selasa (21/4) untuk memenuhi panggilan penyidik.

Sementara itu saudara mantan presiden lainnya, Gotabhaya Rajapaksa, yang menjadi menteri pertahanan saat Mahinda Rajapaksa menjadi presiden, dituduh melakukan korupsi pembelian peralatan militer dan pesawat sipil.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL