kafe sydndySydney, LiputanIslam.com — Setidaknya seorang pelaku aksi kekerasan menyerbu sebuah kafe di kota Sydney, Australia, Senin (15/12) pagi dan menyandera sejumlah orang di dalamnya.

Seperti dilansir BBC News, Senin (15/12), 5 orang berhasil menyelamatkan diri keluar dari dalam kafe Lindt yang diserang tersebut, namun tidak diketahui berapa orang yang masih berada di dalamnya. Polisi bersenjata kini telah mengepung kafe tersebut dan mengaku telah berkomunikasi dengan penyerang kafe itu.

Sementara itu Perdana Menteri Tony Abbott menyebut aksi serangan itu sebagai aksi yang “menakutkan” dan menduga ada motif politik di baliknya.

“Ini adalah insiden yang sangat mengganggu,” kata Abbott tentang insiden itu.

Sekitar 6 jam setelah dimulai serangan, 3 orang berlari keluar dari kafe yang terletak di gedung Martin Place itu. Satu jam kemudian 2 orang menyusul keluar.

“Kami akan bekerjasama dengan orang-orang itu untuk mendapatkan informasi. Kami tidak memiliki informasi apakah ada orang yang terluka dalam insiden ini,” kata Deputi Komisaris Polisi New South Wales Catherine Burn kepada wartawan setelah keluarga 3 orang pertama, seraya menambahkan bahwa polisi telah berkomunikasi dengan panyandera.

Berbicara di Canberra tentang insiden ini Tony Abbott menyerukan warga Australia untuk tidak terpengaruh dengan peristiwa ini dan bekerja seperti biasa.

Sementara itu Komisaris Polisi New South Wales  Andrew Scipione mengatakan kepada wartawan bahwa situasi belum dikategorikan sebagai aksi terorisme, namun ia membenarkan telah terjadinya “penyerang bersenjata” yang telah menyandera sejumlah orang. Ia menambahkan situasi berhasil dibatasi hanya di Martin Place sekaligus membantah adanya peristiwa terkait lainnya di sekitar kota.

Televisi -televisi lokal menayangkan 3 orang sandera mengacungkan simbol berbentuk loso kelompok teroris ISIS. Namun polisi belum memastikan apakah peristiwa ini terkait dengan ISIS.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL