krisis ebolaMonrovia, LiputanIslam.com — Para pekerja kesehatan Liberia yang tengah bekerja mencegah penyebaran virus ebola, mengancam akan melakukan mogok kerja demi memperjuangkan upah yang lebih layak.

Seperti dilaporkan BBC News, Senin (13/10), Asosiasi Pekerja Kesehatan Nasional menuntut kenaikan gaji bulanan bagi para pekerja yang bertugas menangangi kasus ebola, mengingat risiko besar yang harus ditanggung mereka.

Ratusan pekerja kesehatan telah tewas di negara-negara Afrika Barat akibat tertular virus ebola dari pasien yang dirawatnya.

Asisten Menkes Liberia Tolbert Nyenswah mengatakan aksi mogok makan para pekerja kesehatan akan menimbulkan efek sangat buruk bagi upaya penanggulan virus, terutama bagi para pasien. Ia menyebutkan bahwa skala epidemik yang ada telah membuktikan bahwa pemerintah tidak sanggup lagi menanggung tambahan biaya yang selama ini ditanggung.

Selama ini para pekerja kesehatan menerima “tunjangan risiko” kurang dari $500 per-bulan, di luar gaji pokok antara $200 hingga $300. Sedangkan staff kesehatan menerima “tunjangan risiko” sebesar $700 per-bulan.

Di samping itu, para pekerja juga menuntut perlengkapan perlindungan pribadi serta asuransi.

Di Liberia sendiri sebanyak 95 pekerja kesehatan tewas akibat tertular virus mematikan itu. Sementara jumlah korban tewas akibat virus itu secara keseluruhan mencapai 4.000 orang.

PBB kini tengah membangun pusat koordinasi penanggulangan virus ebola di Ghana, sementara para pekerja telah diterbangkan ke kantor tersebut di ibukota Accra. Ghana sendiri tidak termasuk negara yang telah terjangkit oleh virus ebola.

Setengah tahun lebih setelah wabah ebola merebak di Afrika barat, jumlah tempat tidur pasien yang tersedia hanya cukup untuk merawat seper-empat pasien. Demikian PBB menyebutkan.

Di negara-negara yang paling parah terjangkit virus, Liberia, Sierra Leone dan Guinea, perekonomian juga mengalami pukulan hebat. Sementara di Liberia, pemilu terpaksa ditunda akibat wabah ini.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL