letnan goldinGaza, LiputanIslam.com — Militer Israel tengah melancarkan operasi pencarian terhadap seorang perwira mudanya yang diduga kuat telah diculik oleh pejuang Palestina di Gaza, pada saat gencatan senjata 72 jam antara Hamas dengan Israel mengalami kegagalan hanya beberapa jam setelah ditandatangani.

BBC News melaporkan, Jumat (1/8), perwira Israel bernama Letnan Hadar Goldin (23 tahun), hilang saat tentara Israel yang mencoba menghancurkan sebuah terowongan, diserang oleh para pejuang Palestina, Jumat (1/8) pagi waktu setempat.

Selain prajurit yang diculik tersebut, 2 tentara Israel juga tewas dalam serangan yang terjadi di selatan Gaza tersebut.

Sejauh ini Hamas dan kelompok pejuang Palestina lain tidak membantah laporan tersebut.

Pada tahun 2006 pejuang Palestina menangkap prajurit Israel Gilad Shalit dan menahannya selama 5 tahun. Ia dilepas bulan November 2011 dengan penukaran 1.000 tahanan Palestina di Israel.

Keluarga Letnan Goldin menyatakan keyakinannya bahwa tentara Israel akan melakukan apapun untuk membebaskannya.

Sementara itu Menteri Kesehatan Palestina di Gaza menyebutkan sekurangnya 53 warga Palestina tewas akibat serangan Israel yang dilancarkan setelah terjadinya insiden penculikan itu. Sampai saat ini angka korban yang tewas akibat serangan Israel mencapai 1.500 orang dan 8.400 warga Palestina lainnya mengalami luka-luka. Sebagian besar dari mereka adalah warga sipil.

Di sisi lain jumlah personil militer Israel yang tewas mencapai 58, tertinggi selama operasi militer Israel di Gaza selama ini. Sementara jumlah warga sipil Israel yang tewas hanya 3 orang.

Jubir pemerintah Israel Mark Regev dalam pernyataannya mengatakan bahwa penculikan tentara Israel tersebut bisa menimbulkan eskalasi pertempuran di Gaza.

Pertempuran hari Jumat menggagalkan gencatan senjata yang dimediasi oleh AS dan PBB. Pada hari itu ratusan warga Palestina tengah bergerak ke wilayah-wilayah bekas pertempuran untuk melakukan perbaikan tempat tinggal mereka dan memberikan pertolongan kepada saudara-saudara mereka yang tertinggal. Namun pertempuran yang terjadi mencegah maksud mereka itu.

Kedua pihak saling menuduh sebagai pelaku pelanggaran gencatan senjata.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL