Pemimpin Ansarullah

Pemimpin Ansarullah

Sana’a, LiputanIslam.com — Pejuang Ansarullah Yaman kembali mengukuhkan keberhasilannya dalam operasi militer melawan teroris Al-Qaeda, dan berhasil mengontrol sebuah kota di selatan ibukota. Pihak keamanan mengatakan, bahwa para pejuang ini berhasil merebut kota Yarim, yang berjarak sekitar 170 km di selatan Sana’a.

Kota ini, merupakan daerah yang dianggap sebagai kantong militan Al-Qaeda, berpenduduk sekitar 100.000 jiwa di sepanjang jalan utama.

Dari laporan Press TV, penguasaan kota ini terjadi hanya sehari setelah pejuang Ansarullah berhasil merebut perbatasan Tawwal di provinsi Hajjah, dan menguasai wilayah Wagha.

Saat ini, pejuang Ansarullah telah mengendalikan kota Sana’a, Ibb, Dhamar dan kota pelabuhan utama Hodeida. Mereka juga merebut kota strategis Rada ‘di provinsi al-Bayda pada hari Jumat (17/10/2014) dari militan Al-Qaeda.

Pada bulan September, Ansarullah mengontrol penuh bukota, setelah pertempuran empat hari dengan tentara yang setia kepada Jenderal Ali Mohsen al-Ahmar, saudara tiri diktator Ali Abdullah Saleh.

Gerakan Ansarullah memainkan peran utama dalam gerakan revolusi rakyat yang memaksa Saleh untuk mundur  dari jabatannya setelah lebih dari 33 tahun berkuasa di Yaman. Selain diktator, Saleh dinilai melakukan praktek korupsi dan marginalisasi terhadap masyarakat yang bermazhab Syiah.

Pemimpin Ansarullah Yaman, Abdul-Malik al-Houthi, memperingatkan masyarakat terhadap rencana jahat pihak asing yang bertujuan untuk memecah dan mendestabiliasi di kawasan. Untuk itu, ia meminta  rakyat Yaman untuk menahan diri ketergantungan kepada pihak asing untuk memecahkan masalah mereka. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL