Florence, LiputanIslam.com–Komisioner Tinggi Uni Eropa untuk kebijakan luar negeri, Federica Mogherini, mengatakan Amerika Serikat telah “kehilangan posisi kepemimpinan” di dunia. Hal itu menurutnya adalah “kesempatan” bagi Uni Eropa untuk menjadi “mitra terpercaya” di panggung internasional.

“Terdapat kesempatan Uni Eropa untuk memposisikan diri sebagai mitra bagi semua negara di dunia, baik itu dalam isu global di mana Washington mungkin kehilangan posisi kepemimpinan,” kata Mogherini dalam konferensi State of the Union di Florence pada Jumat (5/5/17).

Mogherini menambahkan, dalam pertemuan terakhir di Cina, India, dan Rusia, dia menemukan keinginan kuat negara-negara tersebut untuk membangun hubungan kuat dengan Uni Eropa.

“Mereka ingin bekerjasama dengan EU, bukan karena mereka selalu menyukai kita, tapi dalam dinamika geopolitk, bersikap mudah diprediksi, terpercaya, dan kuat adalah nilai yang harus kita pakai,” ujarnya.

Dia menegaskan, Eropa dapat “menduduki ruang” yang dikosongkan oleh AS terutama setelah tercipta ketegangan terkait perdagangan, imigrasi, dan pendanaan untuk NATO.

UE sudah sejak lama merasa frustrasi atas kebijakan Presiden Trump terutama setelah ia mendukung keputusan Inggris untuk keluar dari organisasi antarpemerintahan dan supranasional itu.

“Presiden baru ini senang melihat Inggris keluar dari UE. Jika dia tetap seperti itu,  saya akan mendukung kemerdekaan Ohio dan Austin, Texas,” ucap Presiden Eropean Commission, Jean-Claude Juncker, pada Maret lalu. (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL