zhang-zhijun22Taipei, LiputanIslam.com — Seorang pejabat tinggi setingkat mentgeri Cina mengunjungi Taiwan dalam upaya mengurangi krisis kepercayaan atas rencana perjanjian perdagangan kedua negara di Taiwan. Ini adalah kunjungan pejabat setingkat menteri Cina pertama di Taiwan, yang pernah terjadi.

Direktur Kantor Urusan Taiwan Cina, Zhang Zhijun, tiba di Taiwan hari ini (25/6), menyusul terjadinya aksi demonstrasi menentang rencana perjanjian perdagangan kedua negara pada bulan Maret lalu.

Para demonstran menilai perjanjian itu hanya meningkatkan pengaruh Cina atas independensi Taiwan. Namun para pemimpin Taiwan berkukuh bahwa perjanjian itu akan meningkatkan perekonomian Taiwan.

Sebagaimana laporan BBC, dalam kunjungan 4 hari tersebut, Zhang akan bertemu dengan mitranya, Menteri Urusan Cina Wang Yu-chi, dan tokoh oposisi Chen Chu yang merupakan walikota Kaohsiung yang pro-kemerdekaan.

Kantor berita Cina Xinhua seperti dikutip BBC menyebutkan Zang juga akan berdiskusi dengan mitra tuan rumah tentang masalah etnis minoritas, UMK, pertanian dan kelautan serta pendidikan dan pemuda.

Kunjungan itu sendiri telah disambut oleh beberapa aksi demonstrasi kecil di Taipei. Media-media lokal menyebutkan aksi-aksi demonstrasi lebih besar akan digelar di Kaohsiung.

Pakta perdagangan kedua negara ditandatangani setahun lalu itu mendorong kedua negara untuk saling menanamkan investasi di sektor jasa. Namun perjanjian itu macet karena penolakan kalangan oposisi di Parlemen Taiwan.

Kunjungan tersebut berlangsung di tengah kebijakan politik Cina yang menjadi lebih bersahabat dengan Taiwan. Tidak heran jika Zang tidak membut agenda untuk bertemu Presiden Ma Ying-jeou yang pro-Cina. Cina dianggah tengah berusaha mengurangi hubungannya dengan Ma demi meraih simpati kelompok oposisi, sehingga perjanjian perdagangan itupun lolos dari hadangan mereka.

Selain itu Cina juga berusaha membangun hubungan lebih baik dengan kelompok oposisi Democratic Progressive Party (DPP), sehingga apapun hasil pilpres tahun 2016 nanti, hubungan kedua negara tetap berjalan maju.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL