pejabat korutSeoul, LiputanIslam.com — Satu delegasi pejabat-pejabat tinggi Korea Utara (Korut) melakukan kunjungan mengejutkan ke Korea Selatan (Korsel) dengan menghadiri upacara penutupan Asian Games di Incheon hari ini (4/10).

Di tengah-tengah menghilangnya pemimpin Kim Jong Un dari hadapan publik selama beberapa minggu terakhir, kunjungan itu menimbulkan spekulasi kuat bahwa Kim telah meninggal, atau telah terjadi kudeta terhadapnya.

“Kemunculan delegasi itu dan sambutan karpet merah yang diberikan para pejabat Korsel menimbulkan berbagai spekulasi. Televisi Korsel “YTN” mengikuti secara ekstensif kunjungan tersebut,” demikian komentar jurnalis CNN sebagaimana dilaporkan RIA Novosti.

Delegasi tersebut dipimpin oleh pejabat tinggi sipil merangkap militer, yaitu Hwang Pyong So yang merupakan wakil panglima tentara Korut. Para pengamat menyebut pejabat-pejabat tersebut merupakan orang-orang paling berpengaruh di Korut setelah Kim Jong Un.

“Kunjungan ini terjadi saat hubungan kedua Korea tengah mendingin, sementara ketidak munculan pemimpin Korut dari publik selama beberapa minggu, menimbulkan spekulasi kemungkinan ia (Kim Jong Un) telah sakit parah, atau mungkin sebuah kudeta militer telah terjadi di negara terisolir ini,” tulis media terbesar Korsel Yonhap dalam laporannya.

Kunjungan ini juga menimbulkan spekulasi tentang keinginan Korut untuk melakukan rekonsiliasi dengan Korsel. Tulis Yonhap lagi.

Sementara itu jubir kementrian rekonsiliasi Korea Lim Byeong Cheol, delegasi Korut tersebut akan mengadakan pertemuan dengan Menteri Rekonsiliasi Korea Ryoo Kihl-jae dan Direktur Keamanan Nasional Kim Kwan-jin. Namun Lim menegaskan bahwa pemerintah Korsel tidak berspekulasi tentang adanya “pesan khusus” yang dibawa oleh delegasi tersebut.

Delegasi Korut itu juga tidak berencana untuk bertemu Presiden Park Geun-hye. Demikian pernyataan Kim Byeong Cheol kepada pers.

Delegasi itu disebutkan akan kembali ke Korut setelah penutupan Asian Games Sabtu petang.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL