carla de ponteGenewa, LiputanIslam.com — Seorang anggota komisi penyidik PBB untuk Suriah memuji langkah Rusia menyerang kelompok-kelompok teroris di Suriah. Ini agak mengejutkan karena PBB selama ini bersikap kritis terhadap tindakan Rusia di Suriah.

“Saya rasa intervensi Rusia adalah hal yang baik, karena pada akhirnya ada seseorang yang menyerang kelompok-kelompok teroris itu,” kata Carla Del Ponte kepada media Swiss RTS, Senin kemarin (8/2), seperti dilansir Press TV.

PBB menetapkan kelompok ISIS dan al-Nusra Front, dua kelompok utama dalam pemberontakan di Suriah, sebagai kelompok teroris.

Namun demikian Del Ponte yang juga mantan Kepala Penyidik Pengadilan Internasional PBB, menambahkan bahwa Rusia belum melakukan pembedaan yang jelas antara para teroris dan lainnya.

Rusia berulangkali mengatakan pihaknya hanya menyerang kelompok-kelompok teroris dan membantah laporan media-media barat tentang banyaknya korban sipil oleh serangan Rusia di Suriah.

Del Ponte mengatakan bahwa perdamaian hanya bisa ditegakkan di Suriah melalui perundingan yang melibatkan Presiden Bashar al-Assad.

“Jika Anda menginginkan gencatan senjata dan perdamaian, maka pertama kali Anda harus bernegosiasi dengan pemerintah (Bashar al Assad),” kata Del Ponte.

Suriah dilanda konflik bersenjata sejak tahun 2011 akibat pemberontakan yang didukung negara-negara barat dan sekutu-sekutu regionalnya terutama Turki, Qatar dan Saudi Arabia. Akibatnya lebih dari 260.000 warga Suriah tewas dan jutaan warga lainnya kehilangan tempat tinggalnya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL