pachauriNew Delhi, LiputanIslam.com — Ketua Tim Panel Perubahan Iklim PBB (IPCC) asal India, Rajendra Pachauri, mengundurkan diri dari jabatannya setelah terlibat dalam kasus pelecehan seksual.

Seperti dilaporkan BBC News, Selasa (24/2) petang, Pachauri telah mengirimkan surat pengunduran dirinya kepada Sekjen PBB Ban Ki-moon. Ia menyebut dirinya telah gagal memberikan kepemimpinan yang baik.

Sementara itu kepolisian India tengah melakukan penyidikan atas pengakuan seorang wanita berumur 29 tahun yang mengaku menjadi korban pelecehan seksual Pachauri saat bekerja di rumah pejabat tersebut di New Delhi.

Pengacara wanita tersebut mengatakan, pelecehan yang dialami kliennya berupa pengiriman sejumlah e-mail dan telepon yang tidak diinginkan. Pachauri sendiri telah membantah tuduhan itu.

Pachauri yang telah menduduki jabatannya sebagai Ketua IPCC sejak tahun 2002 dan baru pada bulan Oktober mendatang akan mengakhiri periode kedua kepemimpinannya. Ia mengklaim e-mail dan telepon yang dimaksud pengacara tersebut telah diretas oleh hacker.

Sementara itu kantor Energy and Resources Institute in Delhi (TERI) tempatnya mengabdi di India mengatakan bahwa Pachauri telah tidak lagi bekerja di tempat itu ‘sejak lama’.

Pada hari Senin (23/2) birokrat berumur 74 tahun itu menarik diri dari pertemuan penting IPCC yang digelar di Kenya. Ia beralasan ‘isu-isu yang menimpa dirinya di India membutuhkan perhatiannya.

Pachauri adalah pemenang hadiah nobel pada tahun 2007 bersama penggiat isu perubahan cuaca dan politisi AS Al Gore.

“Saya telah memutuskan untuk mundur dari posisi saya sebagai Ketua IPCC beberapa bulan sebelum masa tugas saya berakhir,” tulis Pachauri kepada Ban Ki Moon tentang pengunduran dirinya itu.

Jabatan Ketua IPCC menjadi jabatan yang kontroversial beberapa tahun terakhir, terutama setelah munculnya klaim dari berbagai ilmuwan independen tentang kebenaran isu ‘pemanasan global’ ataupun ‘perubahan cuaca’. Demikian BBC menyebutkan.

Pada tahun 2010 Pachauri mendapatkan kritikan tajam dan tuntutan pengunduran diri setelah ditemukannya kesalahah dalam laporan ilmiah IPCC. Kandidat terkuat pengganti Dr Pachauri adalah wakilnya Ismail El Gizouli.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL