zhou yongkangBeijing, LiputanIslam.com — Mantan pejabat keamanan senior Cina Zhou Yongkang dijatuhi hukuman penjara selama seumur hidup atas tuduhan korupsi. Ia menjadi pejabat paling senior yang dijatuhi hukuman karena korupsi selama pemerintahan Presiden Xi Jinping yang bertekad memberantas korupsi di negara itu.

Kantor berita Xinhua seperti dilansir BBC News, Jumat petang (12/6), melaporkan bahwa Zhou dinyatakan bersalah melakukan tindakan suap dan penyalahgunaan kekuasaan. Ia juga dinyatakan bersalah telah melakukan ‘pembocoran rahasia negara’.

Saat mengundurkan diri sebagai pejabat tinggi Cina tahun 2012 karena dugaan korupsi, Zhou (72 tahun) merupakan salah seorang pejabat paling berpengaruh di Cina yang menguasai sektor ekonomi dan keamanan. Namun kasusnya baru benar-benar disidik setahun kemudian.

Televisi pemerintah Cina menayangkan sekilas sidang Zhou, di pengadilan kota Tianjin. Setelah pembacaan vonis ia menyatakan tidak akan mengajukan banding.

“Saya menyadari kesalahan saya dan kerugian yang ditimbulkannya bagi partai dan rakyat. Saya menyatakan diri bersalah dan menyesal atas kejahatan saya,” katanya.

Meski tahun lalu pengadilan mengumumkan sidang terhadap Zhou akan dilangsungkan secara terbuka, ternyata kenyataannya berkata lain. Pengadilan dilakukan tertutup.

Sebelumnya sejumlah pejabat pemerintah, direktur BUMN dan pengusaha yang diketahui menjadi ‘bawahan’ Zhou telah dihukum karena korupsi.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL