Theo-ZwanzigerZurich, LiputanIslam.com — Seorang anggota Komite Ekskutif FIFA membuat pernyataan mengejutkan dengan menyebutkan bahwa Qatar tidak akan menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun 2022 mendatang. Padahal FIFA secara resmi telah menunjuk Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

Theo Zwanziger, anggota Komite Eksekutif FIFA dimaksud, hari Senin (22/9) sebagaimana dilaporkan RIA Novosti, mengatakan, karena alasan suhu udara yang kelewat panas di Qatar maka Piala Dunia 2022 tidak akan dilaksanakan di tempat itu.

“Saya pribadi berfikir bahwa pada akhirnya Piala Dunia 2022 tidak akan berlangsung di Qatar,” kata Zwanziger.

“Para ahli medis mengatakan bahwa mereka tidak bertanggungjawab atas jika Piala Dunia dilangsungkan dalam kondisi seperti itu,” tambahnya.

Para pejabat Qatar telah berdalih bahwa stadion-stadion dan tempat-tempat latihan telah dilengkapi dengan sistem pendingin udara yang canggih. Namun Piala Dunia tidak hanya berlangsung di dalam stadion dan tempat latihan. Masih juga ada ratusan ribu penonton dan wisatawan yang harus diperhatikan.

“Penggemar bola dari seluruh dunia akan datang dan berjalan-jalan dalam suhu yang panas dan kasus pertama ancaman keselamatan jiwa akan memicu dilakukannya penyelidikan oleh aparat keamanan. Itu adalah hal yang tidak diinginkan oleh para anggota Komite Eksekutif FIFA,” kata Zwanziger.

Demi menghindari cuaca panas, FIFA telah menyampaikan ide untuk mengubah jadwal Piala Dunia dari biasanya antara bulan Juni-Juli menjadi akhir tahun. Namun hal itu dikhawatirkan akan mengacaukan jadwal kompetisi liga-liga domestik global.

Selain masalah cuaca, Piala Dunia 2022 di Qatar masih menyimpan beberapa masalah lainnya. Misalnya saja masalah larangan minuman beralkohol, larangan terhadap para aktifis LGBT, serta masalah partisipasi Israel.

Piala dunia terakhir di Brazil juga telah mengundang kekhawatiran tentang suhu udara yang tinggi. Salah satu hal yang dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan adalah mengijinkan para pemain untuk minum di tengah-tengah pertandingan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL