ban-ki-moonNew York, LiputanIslam.com — Sekjen PBB Ban Ki Moon menyerukan penambahan dengan segera 3.000 pasukan keamanan di Republik Afrika Tengah (RAT) untuk menghentikan apa yang disebutnya sebagai “bencana yang mengoyak nilai-nilai kemanusiaan”.

Seruan tersebut disampaikan Ban Ki-moon di depan sidang DK PBB di New York, Kamis (20/2), seraya menyebutkan bahwa pasukan tersebut harus sudah dikirimkan dalam hitungan hari atau minggu.

Menurut Ban kebutuhan personil keamanan di Afrika Tengah jauh melebihi jumlah pasukan keamanan yang ada. Untuk memenuhi kebutuhan penambahan pasukan tersebut Ban menyerukan “komunitas internasional yang lebih luas harus menanggung bebannya”.

Dengan penambahan pasukan tersebut diharapkan jumlah pasukan perdamaian di RAT mencapai 12.000 personil.

RAT kini tengah dilanda kerusuhan sektarian dimana kelompok-kelompok militan Kristen menindas kaum muslim negeri tersebut yang jumlahnya sekitar 15% dari seluruh komunitas. Meski belum ada angka resmi, korban tewas diperkirakan mencapai angka ribuan dengan jumlah yang lebih besar lagi kini harus meninggalkan rumah mereka karena ancaman jiwa.

Kerusuhan semakin hebat dari hari ke hari meski telah ada ribuan pasukan penjaga perdamaian dari Perancis dan Uni Afrika.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa tentara Perancis di sana yang oleh penduduk setempat disebut sebagai “Sangaris”, turut terlibat dalam pembantaian kaum muslim di negeri tersebut. Beberapa analis menuduh Perancis berupaya menguasai sumber alam yang melimpah di Afrika Tengah berupa emas dan berlian.

Meski telah merdeka sejak tahun 1960, negeri ini terus dilanda kerusuhan dan pertikaian politik sehingga rakyatnya harus terjerembab ke dalam jurang kemiskinan.(ca/press tv/afp)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL