central_african_republic_xjd103_39699485Genewa, LiputanIslam.com Di sela-sela laporannya dalam pertemuan di Jenewa, pejabat PBB, Philip Leclrec, akhir pekan lalu memperingatkan bahwa ”pembersihan etnis keagamaan” tengah terjadi di Republik Afrika Tengah (CAR). Dan bahwa yang terpenting saat ini adalah, segera diadakannya mediasi antara dua pihak yang bertikai serta pengiriman lebih banyak pasukan guna melindungi warga sipil.

”Masih sangat mungkin bagi seluruh masyarakat untuk hidup berdampingan, namun mediasi yang intensif diperlukan agar hal itu bisa terlaksana,” ucap Philip, yang bertanggung jawab terhadap perlindungan kelompok tertindas di CAR untuk Badan Pengungsi PBB (UNHCR).

“Yang terpenting adalah mediasi dilaksanakan di semua tempat di seluruh negeri,” ucapnya. Ia juga menambahkan, bila mediasi tersebut gagal, maka PBB tidak punya pilihan lain kecuali mengevakuasi beberapa kelompok ke tempat yang lebih aman, atau memastikan keamanan perjalanan mereka ke negeri-negeri utara seperti Kamerun, Republik Demokrasi Kongo dan Chad di mana 288.000 orang telah mengungsi.

Kembali mengenai perkembangan selama dua bulan terakhir, Mr. Leclrec mengatakan bahwa banyak orang yang terperangkap dan berusaha menyelamatkan diri dari kekerasan di mana kebanyakan adalah orang-orang Muslimin yang menjadi target.

Konflik di CAR meletus saat pemberontak Seleka yang Muslim, melancarkan kudeta pada Desember 2012 dan mengakibatkan milisi Kristen yang dikenal sebagai anti-Balaka membalas dendam sehingga mengakibatkan ribuan orang tewas dan sekitar 2,2 juta lainnya, setengah dari keseluruhan penduduk, perlu pertolongan kemanusiaan.

Dalam pertemuan ini, dana bantuan anak PBB (UNICEF) mengkonfirmasi bahwa mereka telah berhasil mempertemukan kembali 4 anak yang diculik dengan orang tua mereka.

Dua bocah laki-laki dan dua perempuan itu disandera oleh milisi, namun kemudian dibebaskan melalui negoisasi.

“Penculikan anak kini muncul sebagai masalah baru yang menggelisahkan di tengah-tengah konflik,” jelas juru bicara UNICEF, Patrick McMormick pada para pewarta.(lb/unnc)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*