New York, LiputanIslam.com—Utusan PBB untuk Timur Tengah, Nickolay Mladenov, memperingatkan bahwa ketegangan yang baru-baru ini terjadi akibat restriksi di masjid al-Aqsa akan menyebabkan bencana besar di seluruh dunia.

“Saya meminta semua pihak menahan diri dari aksi-aksi provokatif dan mencari solusi bersama. [Kita harus] menemukan solusi untuk krisis ini sampai hari Jumat minggu ini. Saya pikir masalah akan mucul lebih banyak lagi di ibadah Jumat nanti tanpa adanya resolusi,” katanya pada Senin (24/7/17).

Ketegangan antara pasukan keamanan Israel dengan warga Palestina terjadi setelah Israel membatasi umat muslim yang akan beribadah di kompleks Masjid Al-Aqsa. Bentrokan sporadis itu menyebabkan tiga orang warga Palestina tewas.

Mladenov menilai, konflik ini meski terlihat kecil namun dapat berpengaruh ke seluruh dunia.

“Tidak ada yang boleh menganggap kejadian ini sekedar masalah lokal. Faktanya, meski ketegangan terjadi dalam jarak ratusan meter persegi, namun itu dapat berpengaruh jutaan, mungkin milyaran orang di seluruh dunia.” ujar Mladenov.

“Itu berpotensi mengakibatkan bencana yang melampaui dinding pembatas Old City (Yerusalem), melampaui Israel, Palestina, dan wilayah Timur Tengah sendiri,” tambahnya.

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL