New York, LiputanIslam.com—Komisioner Tinggi HAM PBB baru-baru ini memperingatkan bahwa sanks-sanksi AS terhadap Venezuela dapat memperkeruh situasi kemanusiaan di negara Amerika Latin itu.

Presiden AS Donald Trump pada hari Senin (5/8) lalu mengeluarkan perintah eksekutif untuk membekukan semua properti milik pemerintah Venezuela yang berada di AS.  Perintah itu ditujukan untuk mencegah negara pihak ketiga berbisnis dengan pemerintahan Presiden Nicolas Maduro.

Merepon langkah-langkah terbaru AS ini, Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, Michelle Bachelet, menyebut sanksi tersebut terlalu luas.

Menurutnya, sanksi itu memiliki implikasi yang luas atas kesehatan dan pangan di negara yang memang sudah mengalami kekurangan kebutuhan-kebutuhan penting.

Bachelet mengatakan, ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa sanksi sepihak “berakhir dengan pelanggaran HAM yang mendasar, termasuk hak ekonomi, hak atas makanan, dan kesehatan.” Ia meyakini bahwa langkah AS ini akan ” cenderung memperburuk krisis bagi jutaan rakyat Venezuela.” (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*