New York, LiputanIslam.com—Sekjen PBB, Antonio Guterres, menuliskan pesan agar Israel untuk mengakhiri penjajahan selama setengah abad di tanah Palestina.

Pesan Guterres ini dibaca oleh wakilnya, Amina Mohammed, dalam sebuah forum yang diselenggarakan di kantor PBB di New York dalam rangka memperingati 50 tahun Perang Enam-Hari.

Penjajahan Israel telah mengakibatkan masalah kemanusiaan yang besar di Palestina. Guterres mengatakan, “Generasi Palestina beranjak dewasa di kamp-kamp pengungsi, banyak dari mereka berada dalam kemiskinan dan tidak punya harapan untuk kehidupan yang lebih baik bagi anak-anak mereka.”

Dia juga menegaskan kebutuhan terciptanya negara independen Palestina, dan bahwa penghentian penjajahan “adalah satu-satunya jalan untuk mencapai hak asasi bagi masyarakat Palestina.”

Menurutnya, perbaikan hubungan Israel-Palestina akan menghapus tindak-tindak kejahatan di Timur Tengah dan “membuka pintu bagi keamanan, kesejahteraan, dan hak asasi bagi semua orang.”

Selain itu, Sekjen Organisasi Pembebasan Palestina, Saeb Erekat, dalam forum tersebut menuding Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu karena mempromosikan tindak apartheid. (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL